Ujian Penentu Kelulusan untuk SMP di Karimun Ditunda

614
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Berdasarkan jadwal yang telah disusun setahun lalu oleh pemerintah, maka ujian sekolah untuk tingkat SMP Sederajat se Kabupaten Karimun akan dilaksanakan pada Senin (14/3) setelah ujian sekolah tingkat SMA sederajat selesai sepekan lalu. Hanya saja disebabkan belum lengkapnya kesiapan sekolah, maka ujiannya ditunda.

”Memang, seharusnya ujian sekolah untuk pelajar SMP yang jumlahnya 4.0678 orang itu sedianya dilaksanakan Senin pekan depan. Tapi, disebabkan masih ada kekurangan dan belum siapnya sekolah, maka kita menunda pelaksanan ujian tersebut pada Senin (21/3) mendatang,” ujar Sekretaris Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim, Jumat (11/3).

Dikatakannya, jumlah SMP sederajat di Kabupaten Karimun itu ada 64 sekolah. Namun, disebabkan dua sekolah lagi belum ada kelas tiga, maka yang akan melaksanakan ujian tersebut hanya 62 sekolah saja. Terdiri dari 50 SMP, 10 Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan dua sekolah luar biasa (SLB). Untuk sekolah yang tidak melaksanakan ujian sekolah ini, maka tetap masuk dan bejalar seperti biasa.

”Dengan adanya penundaan ujian sekolah ini kita berharap para pelajar kelas tiga SMP dapat lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian tersebut. Karena, ujian sekolah ini adalah yang menentukan kelulusan. Tapi, tidak berarti ujian nasional (UN) tidak penting. Sebaliknya, UN juga penting untuk menentukan rangking dan prestasi sekolah-sekolah kita secara nasional,” ungkapnya.

Apalagi, lanjut Bakri, UN bukan lagi sebagai penentu kelulusan, namun dalam pelaksanannya tetap diperluka kejujuran. Artinya, pelaksaan UN secara jujur disetiap masing-masing sekolah akan menjadi penilaian secara nasional. Untuk itu, dia berharap kejujuran dapat dijadikan salah dasar dalam mengikuti UN dalam beberapa bulan ke depan. Sehingga, nama Kabupaten Karimun akan selalu baik. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar