Kepala BP Batam dari Pusat, Deputi Orang Kepri

2457
Pesona Indonesia

bp_batambatampos.co.id – Ketua Dewan Kawasan (DK) Batam Darmin Nasution belum mengumumkan struktur baru pimpinan Badan Pengusahaan (BP) Batam. Namun sudah bisa dipastikan bahwa dari 11 nama yang diusulkan DK ke Presiden Jokowi, paling bayak orang pusat ketimbang dari Kepri atau Batam.

Informasi yang diperoleh batampos.co.id, komposisi struktur BP Batam yang akan diumumkan dalam waktu dekat, untuk posisi kepala BP akan diisi oleh orang pusat. Ada yang menyebut kalangan profesional atau pengusaha kaliber nasional dan punya relasi yang luas dengan pebisnis luar negeri.

Hal ini sejalan dengan keinginan kalangan pengusaha di Kepri yang menghendaki pimpinan BP Batam orang yag punya pengalaman di dunia usaha, supaya mengerti dan memahami keinginan para investor.

Lalu dimana posisi beberapa orang-orang Kepri atau Batam? Dari beberapa nama yang mencuat, antara lain; mantan Wakil Gubernur dan Ketua DPRD Batam dan Kepri Soerya Respationo, mantan Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, mantan pengelola kawasan industri Batamindo John Sulistiawan, mantan Kepala BP dan Gubernur Kepri Ismeth Abdullah, Wakil BP Batam (saat ini) Jon Arizal, dan Mantan Kepala BPM Kota Batam Syamsul Bahrum, diprediksi tidak akan duduk di posisi kepala BP, tapi hanya deputi di beberapa bidang.

Orang Kepri atau Batam akan berada di posisi deputi yang lebih banyak berorientasi pada masyarakat dan hubungan dengan lembaga yang ada di Batam.

Posisi tersebut antara lain, Deputi administrasi dan umum, Deputi Sarana dan Usaha, Deputi pengusahaan lainnya, deputi pelayanan umum, dan paling tinggi diprekirakan di posisi Wakil Kepala BP Batam.

Namun, di posisi mana dan siapa yang akan menempati posisi deputi tersebut, Sekretaris Kabinet Pramono Anung masih enggan membeberkan. Begitupun dengan Mendagri Tjahjo Kumolo.

“Senin (14/3/2016) DK dan ke Batam bersama tim,” ujar Tjahjo dan Pramono di Jakarta.

Sekadar informasi, saat ini posisi kepala BP Batam masih dipegang oleh Mustofa Widjaja. Ia dibantu sejumlah deputi antara lain, Jon Arizal (wakil kepala BP), I Wayan Subawa (Deputi Perencanaan Pembangunan), Gani Lasya (Deputi administrasi dan umum), Istono (Deputi Sarana dan Usaha), Nur Syafriadi (Deputi pengusahaan lainnya), dan Fitrah Kamaruddin (deputi pelayanan umum). (nur/jpgrup)

Baca Juga:
> Senin Ketua DK ke BP Batam, Bawa Informasi Penting
> 5 Orang Kepri yang Berpotensi Duduk di BP Batam
> Pimpinan BP Batam Didominasi Orang Pusat
> Pemerintah Pusat Larang BP Batam Keluarkan Kebijakan Baru
> Perombakan Pimpinan BP Batam Jangan untuk Bagi-Bagi Kekuasaan
> Pandangan Orang Pusat tentang BP Batam, Rupanya…
> DK Batam Berkantor di BP Batam
> Tak Dilibatkan di DK, DPRD Kepri dan Batam Meradang
> Struktur DK Rampung, BP Diaudit Ulang
> Sani Ikhlas Tak Jadi Ketua DK Lagi
> Ini Tugas Pertama DK Batam
> Darmin Nasution, Ketua Dewan Kawasan FTZ/KEK Batam

Respon Anda?

komentar