Ketua DK Darmin Nasution Buka Panggung Buat Pengusaha Batam

1946
Darmin Nasution, Menko Perekonomian sekaligus Ketua Dewan Kawasan (DK) Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Batam. Foto: istimewa
Darmin Nasution, Menko Perekonomian sekaligus Ketua Dewan Kawasan (DK) Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Batam. Foto: istimewa

batampos.co.id – Ketua Dewan Kawasan Darmin Nasution memastikan hadir dalam sosialisasi tentang Dewan Kawasan Batam dan rencana perombakan pimpinan Badan Pengusahaan (BP) Batam, Senin (14/3/2016).

Kabag Humas Pemko Batam Ardiwinata mengatakan, sesuai informasi dari Kemenko Perekonomian, Darmin dan seluruh anggota DK serta kementerian terkait akan hadir di acara yang mengambil tempat di di Hotel Swissbell Harbour Bay.

“Seluruh pengusaha diundang, baik yang tergabung di Apindo, Kadin, Himpunan Kawasan Industri Kepri, BSOA, REI, Hipmi, dan asosiasi atau organisasi pengusaha lainnya,” ujar Adi, sapaan akrab Ardinata, Minggu (13/3/2016).

Selain membawa informasi penting, di pertemuan ini Darmin akan membeberkan berbagai hal terkait kebijakan pemerintah mengubah status Batam dari Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas (free trade zone/FTZ) ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Swiss Belhotel Harbour Bay, Batam, lokasi pertemuan DK dengan para pengusaha dan pemangku kepentingan. Foto: dok swiss belhotel
Swiss Belhotel Harbour Bay, Batam, lokasi pertemuan DK dengan para pengusaha dan pemangku kepentingan. Foto: dok swiss belhotel

Juga soal kebijakan pemerintah yang langsung mengambil alih peran DK dan BP Batam di bawah kendali pemerintah pusat.

“Intinya semua kebijakan ini, bagaimana Batam bisa lebih cepat maju, investasi mengalir deras dengan menghilangkan semua hambatan,” ujar Sekretaris Kabinat Pramono Anung di Jakarta.

Hal senada juga dikatakan Menteri dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Menurutnya, pemerintah pusat ingin Batam benar-benar menjadi lokomotif pembangunan nasional.

“Kebijakan ini perlu disosialisasikan ke semua kalangan di Batam, termasuk pengusaha,” kata Tjahjo.

Kendati datang membawa informasi penting seputar kebijakan pemerintah terhadap DK dan BP Batam, Darmin juga akan tetap memberikan panggung kepada pengusaha untuk menyampaikan aspirasi mereka terkait kebijakan yang diambil pemerintah pusat tersebut.

Masukan tersebut menjadi penting bagi DK untuk merumuskan hal-hal teknis nantinya, setelah setruktur baru DK dan BP Batam rampung.

Tjahjo mengatakan, dari pemerintah pusat yang akan datang antara lain; Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, serta Gubernur Kepulauan Riau, Ketua DPRD Kepulauan Riau Jumaga Nadeak, dan Wali Kota Batam Rudi. (nur/ara/jpgrup)

Baca Juga:
> Senin Ketua DK ke BP Batam, Bawa Informasi Penting
> 5 Orang Kepri yang Berpotensi Duduk di BP Batam
> Pimpinan BP Batam Didominasi Orang Pusat
> Pemerintah Pusat Larang BP Batam Keluarkan Kebijakan Baru
> Perombakan Pimpinan BP Batam Jangan untuk Bagi-Bagi Kekuasaan
> Pandangan Orang Pusat tentang BP Batam, Rupanya…
> DK Batam Berkantor di BP Batam
> Tak Dilibatkan di DK, DPRD Kepri dan Batam Meradang
> Struktur DK Rampung, BP Diaudit Ulang
> Sani Ikhlas Tak Jadi Ketua DK Lagi
> Ini Tugas Pertama DK Batam
> Darmin Nasution, Ketua Dewan Kawasan FTZ/KEK Batam

Respon Anda?

komentar