Pak Jokowi, Tolong Lebih Tegas agar Menko Efektif Bekerja

858
Pesona Indonesia
Presiden Joko Widodo. Foto: dokumen JPNN.Com
Presiden Joko Widodo.
Foto: dokumen JPNN.Com

batampos.co.id – Pengamat politik dari Partisipasi Indonesia Ari Arianto menilai keberadaan menteri koordinator di Kabinet Kerja pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum sepenuhnya efektif. Buktinya, ada menteri yang tak mau berkoordinasi dengan menko.

Berbicara pada diskusi “Nasib Nawacita?” di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (13/3), Ari mengatakan, Jokowi memang sudah seharusnya mengefektikan fungsi menteri koordinator.  Menurutnya, hal itu penting demi mencegah potensi konflik sesama menteri di Kabinet Kerja.

“Kuncinya ada pada ketegasan presiden. Efektifkan menteri koordinator untuk lakukan koordinasi, supervisi dan pengendalian terhadap menteri teknis,” katanya.

Ari lantas menyindir salah satu menteri yang sejak dilantik sampai sekarang tidak pernah berkoordinasi dengan menko. “Ini sangat disayangkan,” katanya.

Padahal, kata dia, menko secara undang-undang punya posisi lebih tinggi dibanding menteri teknis.  “Menko itu sudah mendapatkan kasta lebih tinggi karena masuk cluster pertama jajaran kementerian,” katanya.

Sedangkan cluster kedua, kata dia, ada kementerian agama, kementerian luar negeri, kementerian dalam negeri dan kementerian pertahanan. Sisanya adalah menteri lainnya yang masuk pada cluster ketiga.(boy/jpnn)

Respon Anda?

komentar