Gara-gara Pernyataan di TV, Blogger Mesir Divonis 3 Tahun Penjara

697
Pesona Indonesia
elsobki
Taymor El Sobki

batampos.co.id – Sebuah pengadilan di Mesir hari Sabtu (12/3) menjatuhkan hukuman tiga tahun penjara dan kerja paksa terhadap beberapa blogger yang dinilai telah “menyebarluaskan berita palsu” bahwa 45% perempuan yang sudah menikah di Mesir siap berbuat “cabul” dan berselingkuh dari suami mereka.

Pengadilan itu mengatakan pernyataan Taymor El Sobki  dalam sebuah acara televisi bulan Desember lalu telah mengganggu dan membahayakan ketertiban umum.  El Sobki masih bisa menyatakan banding atas putusan itu.

El Sobki menghadapi kecaman dari wartawan televisi tersebut dan beberapa warga yang menyampaikan keberatan ke kantor kejaksaan, menuduhnya telah menghina perempuan Mesir.

Jaksa – yang berhak menjawab keberatan itu dan memilih keberatan yang akan ditindaklanjuti – mengajukan tuntutan terhadap El Sobki dan menyeretnya ke pengadilan atas dasar itu.

Pengacara berpengaruh di Mesir Gamal Eid mengatakan ‘kita bisa mengkritisi atau menolak komentar yang disampaikan El Sobki, tetapi ia tidak melakukan kejahatan”.(asp/VOA)

Respon Anda?

komentar