Imunisasi Polio Capai 98 Persen di Karimun, Besok Hari Terakhir

510
Pesona Indonesia
Bupati Karimun Aunur Rafiq memberikan vaksin polio kepada balita. foto:tri haryono/batampos
Bupati Karimun Aunur Rafiq memberikan vaksin polio kepada balita. foto:tri haryono/batampos

batampos.co.id – Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Kabupaten Karimun dengan target 21.281 orang balita dengan usia 0 sampai 59 bulan sudah hampir mencapai 100 persen. Bahkan, di salah satu kecamatan di Pulau Karimun pemberian vaksin polio lebih dari 100 persen.

”Kepedulian masyarakat kita tentang kesehatan, khususnya orang tua yang memiliki balita cukup tinggi. Sehingga, target untuk memberikan vaksin polio terhadap balita di seluruh Kabupaten Karimun hampir 100 persen atau sudah mencapai 98 persen. Tidak menutup kemungkinan, menjelang berakhirnya PIN secara nasional pada Selasa (15/3) target kita ini akan tercapai,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Hj Sensissiana, Ahad (13/3).

Bukan hanya itu saja, kata Sensissiana, salah satu kecamatan di Pulau Karimun, yakni Kecamatan Meral Barat yang pada awalnya jumlah balita tidak banyak. Namun, pada kenyataannya pencapaian sampai dengan Sabtu (12/3) sudah mencapai 148 persen. Hal ini cukup membanggakan pihaknya selaku pelaksana. Artinya, tidak hanya balita yang sudah terdata, tapi juga balita yang datang dari luar daerah juga mendatangi posyandu.

Dikatakannya, pencapaian 98 persen ini juga tidak lepas dari peran serta para kader posyandu dimana saja berada. Karena, selama pekan imunisasi, para kader posyandu bersama dengan aparat dari Babinsa berjalan ke pemukiman masyarakat dan mendatangi satu per satu rumah warga untuk menanyakan apakah di rumah ada balita.

Sesuai berita di koran ini, untuk mensukseskan PIN dalam rangka mengantisipasi penyakit polio terhadap balita, Pemerintah Kabupaten Karimun telah menyiapkan 331 tempat, termasuk posyandu yang dapat dijadikan tempat untuk mendapatkan imunisasi terhadap balita. Sesuai dengan target dari pemerintah pusat, di Indonesia pada 2020 akan bebas polio. Di Kabupaten Karimun sendiri sejak 10 tahun lalu sudah bebas dari polio. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar