MTQ Jangan Hanya Jadi Seremoni Belaka

581
Pesona Indonesia
Pawai taaruf Desa Batu Berdaun membuka MTQ Kecamatan Singkep, Lingga. foto:wijaya satria/batampos
Pawai taaruf Desa Batu Berdaun membuka MTQ Kecamatan Singkep, Lingga. foto:wijaya satria/batampos

batampos.co.id – Kecamatan Singkep menggelar Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) VII di Desa Batu Berdaun yang dibuka Sabtu (12/3) malam. Ditandai dengan pemukulan beduk oleh Wakil Bupati Lingga M Nizar, Camat Singkep Kisanjaya, Ketua MUI Kabupaten Lingga H Umarani, KUA Kecamatan Singkep Dol Haji dan Kades Batu Berdaun Zainal.

Dalam kesempatan itu, Nizar mengatakan dengan pelaksanaan MTQ ini agar dapat menjadikan masyarakat yang benar-benar berkualitas Qurani. Tidak hanya sebatas pada membaca dan menghafal Quran dengan baik, tapi berdampak pada kehidupan sehari-hari.

“Kualitas masyarakat Qurani akan terlihat dari peningkatan ahlak yang baik pada tingkah laku sehari-hari,” kata Nizar dalam sambutannya pada acara pembukaan MTQ Kecatan Singkep di Desa Batu Berdaun, Sabtu (12/3) malam.

Senada dengan Nizar, Camat Singkep, Kisanjaya, juga menginginkan agar kegiatan MTQ tidak hanya sebatas seremonial belaka, tetapi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kisan juga mengucapkan ribuan terimakasih kepada masyarakat yang telah berjibaku untuk terselenggaranya kegiatan MTQ.

“Terimakasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi. Dan semoga acara dengan biaya dari pemerintah ini tidak hanya sebagai seremonial saja,” ujar Kisanjaya sebelum membuka acara.

Sementara itu di tempat terpisah, Ketua Panitia Alguzamid mengatakan, MTQ kali ini diikuti 98 peserta. Rinciannya, Kelurahan Dabo 18 peserta, Kelurahan Dabo Lama 18 peserta, Kelurahan Sungai Lumpur 14 peserta, Desa Batu Kacang 16 peserta, Desa Tanjungharapan 14 peserta dan Desa Batu Berdaun 18 peserta.

MTQ ini, sambung Alguzamid, memperlombangkan delapan cabang antaranya, cabang tartil, tilawah anak, tilawah remaja, tilawah dewasa, fahmil, syarhil, dan khattil Quran dan Hifzil Quran 1 zuj.

“Hari pertama peserta lomba Khattil Quran atau kaligrafi,” ujar Alguzamid.

Alguzamid menambahkan, seluruh pemenang tidak mutlak langsung sebagai utusan peserta MTQ Kecamatan Singkep pada tingkat kabupaten. Nantinya, masih Alguzamid, pemenang akan menjalani tes kembali sebagai seleksi untuk penentuan dapat atau tidaknya mengikuti MTQ tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan pada Minggu (27/3) di Kecamatan Singkep Barat. (wsa/bpos)

Respon Anda?

komentar