Pengentasan Kemiskinan Masih Prioritas Bintan Tahun Ini

886
Pesona Indonesia
Rumah salah satu penerima program RTLH di Bintan. Tahun ini pengentasan kemiskinan masih menjadi prioritas Bintan. foto:fatih/batampos
Rumah salah satu penerima program RTLH di Bintan. Tahun ini pengentasan kemiskinan masih menjadi prioritas Bintan. foto:fatih/batampos

batampos.co.id – Pengentasan kemiskinan masih menjadikan agenda prioritas Pemerintah Kabupaten Bintan pada tahun 2016. Namun, program ini sudah barang tentu mesti disokong perbantuan anggaran dari Pemerintah Provinsi Kepri. Salah satunya adalah program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang masih tersisa di Kabupaten Bintan.

Namun, hingga kini, belum ada kepastian mengenai dana bagi ini. “Sampai hari ini, belum ada kepastian dari Pemprov Kepri. Tapi, kami tetap fokus dan komitmen untuk menjalakan RS-RTLH di tahun 2016,” ujar Kepala Dinas Sosial Bintan, Ismail, kemarin.

Mengingat hal itu, Dinsos Bintan melakukan upaya lain dengan mengajukan perbantuan dana bagi ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) RI. Ismail mengatakan, sudah mengajukan proposal bantuan rehabilitasi lebih dari 500 unit RTLH yang ada di Bintan.

“Biasanya pertengahan tahun baru keluar kepastian dari kementerian mengenai bantuan itu,” ungkap mantan Kepala Dinas Perhubungan Bintan ini.

Sementara menyangkut anggaran yang sudah dialokasikan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bintan tahun 2016 ini, Dinas Sosial hanya mampu menjalankan program RS-RTLH sebanyak 140 unit saja. Yang saat ini, sambung Ismail, calon penerima bantuan ini masih diverifikasi berkas-berkas dan keadaan fisik rumahnya. “Hanya itu kekuatan yang kami mampu. Tidak jauh berbeda dengan tahun lalu,” bebernya. (muf/bpos)

Respon Anda?

komentar