Polres Rohil Riau Sudah Tangkap Lima Pembakar Lahan

443
Pesona Indonesia
kapolres rohil
Kapolres Rohil Subiantoro, SH, SIK
batampos.co.id – ┬áProvinsi Riau tak ingin lagi mengulang terjadinya bencana kebakaran hutan. Aparat pun meningkatkan kewaspadaan dan bertindak tegas. Hingga Maret 2016 ini, Polres Rokan Hilir, Riau,┬átelah menangkap lima tersangka pelaku pembakaran lahan.
“Sejauh ini kami sudah tangani tiga LP dengan lima tersangka. Selain itu satu dalam proses penyelidikan,” kata kapolres Rohik AKBP Subiantoro SH SIk.
Kapolres dalam pertemuan rapat rencana aksi penanggulangan karlahut di Bagansiapiapi mempertanyakan kemampuan pengenalan kawasan masing-masing oleh aparatur kepenghuluan. Pernah, katanya, dalam satu kasus karlahut ketika ditanyakan kepada penghulu lahan yang terbakar milik siapa, aparat penghulu justeru tidak tahu.
“Padahal peran serta masyarakat, kepenghuluan sangat diperlukan karena mereka yang paling tahu bagaimana di lapangan termasuk mengenai pemilik lahan,” kata Kapolres.
Polisi tambahnya akan mengambil langkah tegas terhadap setiap aksi karlahut tanpa pilih kasih. “Siapa saja yang membakar lahan akan diproses, tak pandang bulu,” imbuhnya.
Untuk peningkatan persiapan dan penanganan karlahut polres bersama pihak terkait lainnya dari unsur pemkab maupun perusahaan di Rohil akan gelar apel bersama di halaman mapolres Rohil jalan Lintas Ujung Tanjung kelurahan Banjar XII, Tanah Putih.
Apel tersebut, kata Subiantoro, guna persiapan peralatan dan personil sekaligus memberikan petunjuk pelaksanaan penanggulangan karlahut kepada personil di lapangan. (asp/riaupos.co/rpg)

Respon Anda?

komentar