Tak Libatkan BKD, Lelang Jabatan Daerah Ini Disoal

537
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Komposisi panitia seleksi bakal melakukan lelang jabatan pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara dinilai kurang proporsional. Pasalnya, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) selaku SKPD mengurusi PNS malah tidak dilibatkan didalamnya.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Sumut, Richard Sidabutar mengatakan sesuai aturan UU Aparatur Sipil Negara (ASN) diatur bahwa pansel lelang jabatan terdiri dari 9 orang berisikan pakar, akademisi serta birokrasi.

Sejatinya, urai dia, birokrasi diisi oleh BKD. Sebab, instansi tersebut merupakan dapur dari kepegawaian.

“Bagaimana itu, yang dari birokrasi diisi oleh Sekda, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), serta BKPM. Ini kan aneh, mereka yang masuk kepanitiaan bukan orang yang mengetahui kepegawaian,” kata Richard kepada wartawan, akhir pekan kemarin.

Ketua Komisi A DPRD Sumut, Sarman Hutajulu, menimpali pihaknya bakal meminta klarifikasi Sekdraprovsu bahkan Pansel terkait sejauh mana proses lelang jabatan. “Akan ada rapat dengar pendapat (RDP) kita rencanakan Selasa (15/3),” imbuh Politisi PDIP.

Selain menilai komposisi pansel kurang ideal, dia meyakini, hasil dibuat pansel tidak akan mampu memenuhi harapan masyarakat karena hanya diisi empat bahagian yakni Sekdaprovsu, Kepala Bappeda, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Asisten III seluruhnya anggota yang diperkirakan kurang memahami kepegawaian.

Dengan tidak dilibatkan ketiga instansi (BKD, Inspektorat dan Balai Diklat) dalam uji kompetensi, Komisi A DPRD Sumut melihat Pemprovsu belum serius melakukan reformasi birokrasi.

Plt Gubernur Sumatera Utara, Erry Nuradi, sebelumnya menegaskan hasil pengumuman lelang jabatan akan dilakukan pekan ini. Sebelum itu, akan memanggil tim guna memastikan sejauh mana proses akhirnya.

“Nantinya, yang incumbent bergeser ke tempat yang kosong. Tetapi, tetap yang ditinggalkan ada 8 orang. Ada juga yang tidak direkomendasi pansel dan ada juga tidak mau di situ. Kira-kira ada 19 jabatan yang akan diisi,” sebut dia. (JPG)

Respon Anda?

komentar