Tak Terjamah Lagi oleh Petugas Kebersihan, Sampah Menumpuk

733
Pesona Indonesia
Sampah menumpuk di bawah rumah warga di Tarempa. foto:syahid/batampos
Sampah menumpuk di bawah rumah warga di Tarempa. foto:syahid/batampos

batampos.co.id – Sampah rumah tangga di sejumlah pemukiman warga Kabupaten Kepulauan Anambas tidak terkecuali Tarempa masih menumpuk. Baik itu di pemukiman warga yang ada di sisi darat maupun pemukiman warga yang ada di tepian pantai di Kota Tarempa dan sekitarnya.

Sampah ini kelihatan menumpuk di bawah rumah warga yang umumnya rumah panggung. Berbagai macam sampah tersebut tidak bisa terbawa arus, sehingga sampah-sampah itu terus menumpuk di bawah rumah sehingga terlihat kumuh.

“Sampai saat ini sampah belum bisa dibersihkan, untuk yang mengapung di laut kadang dibersihkan meski akhir-akhir ini tidak ada lagi petugas kebersihan di laut. Sementara itu sampah yang berada di bawah pemukiman warga tetap tidak tersentuh karena petugas kebersihan tidak bisa menjangkau sampah di bawah pemukiman warga,” ungkap Ani salah seorang warga Tarempa, Minggu (13/3).

Ia mengaku belum tahu pasti penyebabnya sehingga tidak ada lagi petugas kebersihan di laut. Namun dari kabar yang ia tahu, sebabnyatidak ada lagi BBM untuk armada kebersihan sampah di laut. “Dulu memang sering ada petugas kebersihan di Laut Tarempa. Petugas itu memungut sampah seperti botol aqua bekas dan sampah lainnya yang sifatnya mengambang, tapi sekarang sudah tidak ada lagi,” ungkapnya.

Sementara itu Camat Siantan, Ardan hingga saat ini belum bisa dikonfirmasi apa penyebab tidak beroperasinya lagi armada kebersihan laut. Namun sebelumnya Ardan pernah mengatakan jika tidak adanya lagi armada kebersihan laut itu karena tidak adanya BBM. Sehingga speedboat yang biasanya digunakan itu sempat diparkir di Pelabuhan Tanjung Tarempa.

“Kita tidak bisa lagi mengoperasikan speedboatnya karena tidak ada BBM,” ungkapnya saat itu.(sya/bpos)

Respon Anda?

komentar