DPA Diserahkan, SKPD Diminta Segera Bayar Hutang

419
Pesona Indonesia
Sekda Natuna Syamsurizon menyerahkan DPA kepada SKPD. foto:aulia rahman/ batampos
Sekda Natuna Syamsurizon menyerahkan DPA kepada SKPD. foto:aulia rahman/ batampos

batampos.co.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Natuna Syamsurizon menyerahkan DPA tahun 2016 kepada seluruh SKPD, Bagian dan Kecamatan di ruang rapat kantor Bupati Natuna, Senin (14/3). Dengan diserahkannya DPA, seluruh hutang kegiatan dalam bentuk kontraktual pada tahun 2015 sudah dibayarkan.

Sekda Natuna Syamsurizon mengatakan, setelah penyerahan DPA, masing masing SKPD, Bagian dan Pemerintah Kecamatan dapat segera melaksanakan kegiatan pemerintah untuk percepatan penyerapan anggaran. Namun tetap
mematuhi regulasi dan rambu-rambu yang berlaku.

“Setelah DPA diterima, tolong masing-masing SKPD sesegera laksanakan kegiatan. Kita tahu segala sektor ekonomi Natuna mati suri sekarang,” kata Syamsurizon.

Dikatakan Sekda, setelah menerima DPA tahun 2016, SKPD dapat segera melunasi hutang-hutang tahun 2015. Namun hanya hutang bersifat kontraktual, kegiatannya sudah selesai pada per 31 Desember tahun 2015. Misalnya bandara sipil dan kegiatan fisik yang sudah selesai dikerjakan.

Namun terdapat kegiatan yang tidak bisa langsung dibayarkan, karena harus melalui proses audit. Diantaranya kegiatan yang tidak selesai atau kegiatan yang sudah dilakukan pemutusan kontrak. Serta pelunasan biaya perjalanan dinas pejabat.

“Kecuali hutang biaya perjalanan dinas, bisa dibayarkan setelah diaudit BPK. Kalau kontraktual yang sudah selesai, ya bisa
dibayarkan,” jelas Syamsurizon.

Saat ini, sambungnya, dalam kas daerah tersedia anggaran sebesar Rp 411 miliar untuk memenuhi kebutuhan kegiatan pemerintah termasuk hutang tahun 2015 lalu. Anggaran tersebut merupakan tunda salur DBH tahun 2014 lalu sebesar Rp 300 miliar lebih dan pajak penerangan non PLN. Sementara total DPA tahun 2016 sebesar Rp 1,155,500,000.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar