Kelurahan Dompak Bakal Jadi Kecamatan

906
Pesona Indonesia
Dompak. foto:yusnadi/batampos
Dompak. foto:yusnadi/batampos

batampos.co.id – Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengatakan, Kelurahan Dompak akan dijadikan kecamatan. Meningat Dompak merupakan pusat pemerintahan Provinsi Kepri.

“Naskah akademis menjadikan Dompak sebagai kecamatan sudah ada. Tinggal pelaksanaannya saja,” ujar Lis ditemui usai silaturahmi bersama warga Kelurahan Dompak sekaligus penyerahan sembako di Dompak, Senin (14/3).

Hanya saja, untuk saat ini rencana tersebut belum dapat terealisasi secepatnya, karena jumlah penduduk yang belum memadai. “Tapi tetap Dompak dipastikan jadi kecamatan,” ujarnya. Selain jumlah penduduk, sarana dan prasarana yang ada di Dompak belum sepenuhnya siap untuk mendukung dibentuknya Kecamatan Dompak.

Dikatakan Lis, Dompak merupakan satu kawasan yang dulunya sulit dijangkau karena ketiadaan transportasi. Dan juga karena merupakan pulau tersendiri. Tapi lanjut Lis, semenjak pusat Pemerintahan Provinsi (Pemrov) Kepri berada di Dompak, perkembangan Dompak menunjukkan geliat perkembangan ke arah yang lebih baik.

“Jika dibandingkan dulu, Dompak sekarang sudah lebih maju,” ujarnya.

Sebelum Dompak dijadikan kecamatan, Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang terlebih dahulu harus memekarkan kelurahan yang ada di Kota Tanjungpinang menjadi 24 kelurahan. “Saat ini kan baru ada 18 kelurahan, masih kurang enam lagi,” ujar Lis.

Selain Dompak, kata Lis, Kecamatan Tanjungpinang Timur juga direncanakan akan dimekarkan menjadi dua kecamatan. “Kawasan timur itu jumlah penduduknya sangat banyak. Jadi harus dimekarkan lagi,” ujarnya. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar