Masyarakat Selayar Kini Punya Pasar, Diresmikan Bupati Lingga Hari Ini

569
Pesona Indonesia
Pasar tradisional di Desa Penuba, Kecamatan Selayar, diresmikan Bupati Lingga, hari ini. foto:net
Pasar tradisional di Desa Penuba, Kecamatan Selayar, diresmikan Bupati Lingga, hari ini. foto:net

batampos.co.id – Bupati Lingga Alias Wello hari ini meresmikan pasar tradisional di Desa Penuba, Kecamatan Selayar, Selasa (15/3) pagi. Pasar yang dibangun melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pusat sebesar Rp 1,7 miliar tersebut mulai dikerjakan sejak Juli tahun lalu dan selesai pada Desember.

Menurut Kasi Perdagangan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Lingga, Raswin, pasar tradisonal di Desa Penuba berkapasitas 40 meja pedagang. “Dibagi 20 meja kepada pedagang sayur, 17 meja untuk pedagang ikan, dua meja untuk pedagang ayam dan satu meja untuk pedagang daging,” kata Raswin, Senin (14/3).

Raswin menambahkan, Desa Penuba ditetapkan sebagai lokasi pembangunan pasar tradisional tersebut dikarenakan memenuhi persyaratan yang diperlukan. Sebelumnya sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga juga turut mengajukan wilayahnya untuk dibangun pasar tradisional.

“Sebenarnya semua kecamatan turut mengajukan, namun Penuba memenuhi syarat,” ujar Raswin.

Persyaratan yang diajukan Desa Penuba, sambung Raswin, jumlah pedagang yang mencukupi, lahan yang telah tersedia serta tingkat kebutuhan yang mendesak sehingga pembangunan pasar tersebut ditetapkan di Desa Penuba.

Namun Raswin mengatakan Kecamatan Senayang juga telah mengajukan permohonan untuk pembangunan pasar tradisonal pada tahun mendatang. Dia memperkirakan ajuan tersebut kemungkinan terealisasi pada 2017.

“Senayang saat ini sedang dalam proses pengajuan untuk pembangunan pasar tradisional,” kata Raswin.(wsa/bpos)

Respon Anda?

komentar