SMAN 4 Batam Gratiskan Uang Sekolah Bagi 300 Siswa Tak Mampu

1347
Pesona Indonesia
Siswa SMA Negeri 4 Batam saat mengikuti ujian beberapa waktu lalu. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos
Siswa SMA Negeri 4 Batam saat mengikuti ujian beberapa waktu lalu.
Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos

batampos.co.id – Sebanyak 300 siswa tak mampu di SMAN 4 Batam tidak dikenakan biaya uang komite perbulan. “Gratis, tapi harus menunjukkan bukti keluarga tak mampu,” ungkap Kepala SMAN 4 Batam, Tapi Winanti kepada Batam Pos (grup batampos.co.id), Senin (14/3).

Salah satu murid tak mampu, Bonitia mengatakan, ia kerap diejek oleh teman-temannya karena tak bisa bayar iuran. “Saya tak ambil hati, sekolah sudah berbaik hati menggratiskan, untuk itu saya harus menunjukkan prestasi,” ujar siswi kelas XI ini.

Hal berbeda dikatakan murid tak mampu lainnya, Selfi. “Teman-teman malah mendukung saya dan memberikan semangat, yang penting saya harus rajin belajar,” ujar siswi kelas XII ini.

Tapi Winanti mengatakan, iuran uang komite di SMAN 4 sebesar Rp 200 ribu perbulan untuk siswa kelas X dan XI. Rp 175 ribu perbulan untuk siswa kelas XII. “Iuran itu diterapkan untuk mensubsidi siswa tak mampu dan membayar gaji guru honorer,” jelasnya.

Uang komite tersebut sudah dirapatkan bersama antara pihak sekolah dan pihak wali murid. Sementara itu, subsidi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk SMA, bukan menggratiskan tapi meringankan iuran sekolah dan biaya ekstrakurikuler bagi para siswa. “Rp 700 ribu per semester untuk tiap anak,” kata Tapi.

Penggunaan dana BOS ini tidak bisa sembarangan. Digunakan untuk sarana dan fasilitas sekolah yang rusak dan perlu diganti, lalu untuk kegiatan ekstrakurikuler para siswa. “Dana BOS tidak bisa dipakai untuk bayar gaji guru honorer,” tutur Tapi.

Salah satu guru honorer di SMAN 4 Batam, Sarifah mengatakan, dana insentif dari Pemko Batam sebesar Rp 1 juta per bulan belum cair.
“Dari Januari 2016 sampai sekarang, belum dapat,” keluhnya.

Sarifah menuturkan, sepanjang tahun 2015, ia hanya mendapat gaji insentif untuk enam bulan saja. (cr16)

Respon Anda?

komentar