Tak Ada Dana Operasional, Tiga Bulan Sampah Tak Diambil

504
Pesona Indonesia
Sampah tampak terlihat menumpuk dibawah rumah warga lantaran tidak lagi dibersihkan petugas di Tanjut, Desa Tarempa Barat.  foto:syahid/batampos
Sampah tampak terlihat menumpuk dibawah rumah warga lantaran tidak lagi dibersihkan petugas di Tanjut, Desa Tarempa Barat. foto:syahid/batampos

batampos.co.id – Camat Siantan Ardan mengakui jika pihaknya sudah lama tidak mengoperasikan armada speedboat untuk membersihkan sampah di laut sekitar Tarempa. Hingga saat ini kata Ardan, sudah sekitar tiba bulan lamanya tidak ada pengambilan sampah di laut.

“Kurang lebih sudah tiga bulan lamanya, soalnya terhitung sejak dari awal tahun ini kita tak lagi membersihkan sampah di laut Tarempa,” ungkapnya kepada wartawan Senin (14/3) siang.

Penyebabnya yakni masalah anggaran yang tida ada. Menurutnya untuk mengoperasikan speedboat pengangkut sampah perlu dana operasional seperti untuk membeli bahan bakar dan untuk tenaga kerja. “Jika dananya sudah ada lagi, maka kita akan turun lagi untuk bersihkan sampah di laut. Sekarang speednya saja kita simpam di Antang, Desa Tarempa Timur Tarempa,” ungkapnya.

Dirinya pun sudah memiliki siasat untuk mengantisipasi sampah di laut. Jika sebelumnya membersihkan sampah dengan speedboat, maka kedepan akan dilakukan dengan cara lain. Menurutnya membersihkan sampah menggunakan speedboat tidak bisa membersihkan sampah secara maksimal.

Tenaga kebersihan hanya bisa membersihkan sampah diperairan saja tapi tidak bisa membersihkan sampah hingga dibawah pemukiman warga. “Mungkin kedepan kita akan gunakan sampan saja. Karena jika dengan sampan, maka bisa masuk ke bawah pemukiman warga. Kalau tidak bisa sekaligus, kan bisa secara berangsur-angsur,” ungkapnya.

Dirinya pun tidak habis pikir padahal pemda sudah memberikan tempat sampah. Namun warga tetap membuang sampah di laut tepat dibawah rumah. “Sudah disediakan tempat sampah tapi penduduk tetap saja lebih suka membuang sampah di laut,” tandasnya. (sya/bpos)

Respon Anda?

komentar