Ini Gambaran Properti di Zona KEK Batam

3169
Pesona Indonesia
Properti di Sanibel Harbour, Florida. Properti di zona KEK Batam bakal mirip seperti di Sanibel. Foto: istimewa.
Properti di Sanibel Island, Florida. Properti di zona KEK Batam bakal mirip seperti di Sanibel. Foto: istimewa.

batampos.co.id – Ada banyak kelebihan yang ditawarkan setelah status Perdagangan dan Pelabuhan Bebas (free trade zone/FTZ) berubah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) diberlakukan di Batam enam bulan ke depan.

Salah satunya, soal properti. Dewan Kawasan (DK) yang mengambil alih hak pengelolaan lahan (HPL) sehingga pengembang akan lebih mudah mengurus perizinan lahan yang hanya satu pintu di DK.

Selain itu, DK akan memberikan kemudahan dan insentif yang besar dan banyak bagi pengembang yang akan membangun properti di zona KEK. Fasilitas itu bisa berupa pembebasan UWTO, segala macam pajak hingga puluhan tahun, dan insentif-insentif khusus yang tidak akan di dapatkan pengembang yang berada di luar zona KEK.

“Jadi tak hanya industri di zona KEK itu, kita juga memberi peluang pada sektor properti, perguruan tinggi, rumah sakit, sarana dan prasaranan lainnya,” ujar Ketua DK Batam Darmin Nasution, Senin (14/3/2016) lalu.

Setiap zona KEK nantinya, akan dibuat sub-sub zona. Ada sub zona industri, ada sub zona properti, bisa berupa apartemen atau kondominium, hotel, resort, dan tempat hiburan lainnya yang terintegrasi satu sama lainnya. Mirip properti yang ada di Sanibel Island, Florida.

Lalu bagaimana dengan properti yang berada di luar zona KEK? Darmin mengatakan akan sama dengan industri yang berada di luar zona KEK. Artinya, insentif atau fasilitas yang akan didapatkan akan tetap sama seperti yang didapatkan saat ini (status FTZ). Namun, fasilitas itu akan tambah melimpah bila melakukan pengembangan usaha atau membuka usaha baru di zona KEK. Dengan demikian, harga propertinya bisa jauh lebih murah dibandingkan di luar zona KEK.

“Pokoknya jangan ragu, KEK Batam nantinya akan berbeda dengan yang lainnya. Akan ada banyak kemudahan dibandingkan di luiar zona KEK. Teknis dan rinciannya nantilah, setelah semua rampung,” ujar Darmin. (nur)

Baca juga:
> Batam Jadi KEK, WNA Boleh Milik Properti
> Salah Satu Calon Pimpinan BP Batam Berpangkat Jenderal
> FTZ Beralih ke KEK, Kapolri: Jangan Sebar Isu yang Membuat Investor Takut
> Ini Model Kawasan Ekonomi Khusus Batam
> UWTO Bakal Dihapus, Menteri ATR/BPN: Tak Boleh Ada Dua Pungutan
> HPL Diambil Alih DK Batam, Lahan Mangkrak Disita
> Badan Pengusahaan Batam Berubah Jadi Badan Pengelola Batam
> Ini Kriteria Pimpinan BP Batam yang Diminta Jokowi
> Personel BP Batam Bakal Tak Ada dari Kepri
> Negara Lain Belajar dari Batam, Sukses, Eh, Batam Malah Tertinggal
> Audit BP Batam Harus Menyeluruh, Jika Tidak KPK Masuk
> Ketua DK Pastikan Pimpinan BP Batam Orang-Orang Profesional
> Ketahuilah, Indonesia Tertinggal dari Vietnam
> Mendagri Janjikan Perubahan ke KEK untuk Kesejahteraan Masyarakat Batam

Respon Anda?

komentar