Rida K Liamsi Peroleh Gelar Dato Seri Lela Budaya

663
Pesona Indonesia
Rida K Liamsi
Rida K Liamsi

batampos.co.id – Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau menabalkan Rida K Liamsi gelar Dato Seri Lela Budaya, Rabu (16/3).

Rida diberi gelar sebab memiliki peran besar memajukan kebudayaan melayu sesuai visi Riau 2020, yakni menjadikan Riau sebagai pusat kebudayaan melayu di Asia Tenggara.

Melalui ketokohan dan segala daya upaya dalam memajukan kebudayaan dengan cara-cara yang dilakukan seorang Rida K Liamsi. Menurut Plt Gubri, sudah sepatutnya gelar adat yang pertama diberikan LAM Riau tersebut dari sisi kebudayaan pantas disematkan.

“Tahniah, baru ini penabalan yang dari tokoh budayawan. Semoga setelah ini bisa berbuat lebih banyak lagi untuk memajukan kebudayaan melayu,” kata Plt Gubri H Arsyadjuliandi Rachman.

Satu hari sebelum penabalan gelar adat tersebut, Plt Gubri juga mengapresiasi usaha yang sudah dilakukan seorang Rida yang dikenalnya. Menurutnya apa-apa yang diperjuangkan dalam kebudayaan oleh Rida merupakan sebuah langkah nyata dari seorang tokoh dalam memajukan kebudayaan melayu itu sendiri.

Sehingga bisa berbicara lebih banyak dan dikenal tak saja di dalam negeri. Namun menyentuh rumpun negeri melayu lainnya di berbagai belahan tanah melayu. “Sesuai dengan visi Riau 2020, menjadikan Riau sebagai pusat kebudayaan melayu. Rida, tokoh yang berperan dalam mewujudkannya,” tambah Plt Gubri.

Dato Seri Lela Budaya yang disematkan dalam upacara gelar adat pagi ini di Balai Adat Melayu Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru. Merupakan gelar pertama dan satu-satunya yang disematkan kepada seorang tokoh yang berperan besar dan ikhlas dalam kemajuan kebudayaan di negeri melayu.

Upacara penabalan bakal langsung dilaksanakan oleh Plt Gubri H Arsyadjuliandi Rachman. Dimana nantinya akan memasangkan selempang dan tepuk tepung tawar. Dihadiri seluruh tokoh masyarakat dan pengurus serta pimpinan LAM Riau.

Rida K Liamsi dalam perbincangan mengenai gelar yang diterimanya. Mengaku sangat bersyukur atas gelar adat melayu yang terhormat tersebut. Semuanya tentu menurutnya terjadi dengan kehendak Allah SWT yang sudah mempercayakan gelar sepenting itu diberikan kepada dirinya.

Secara pribadi, kepada Riau Pos Ia menghaturkan ribuan terima kasih kepada LAM Riau yang telah mempercayakan gelar adat sebagai tokoh kebudayaan tersebut kepada dirinya.

“Bagi saya gelar dan kehormatan tersebut merupakan gelar dan kehormatan bagi semua masyarakat rumpun melayu, khususnya yang ada di Riau dan umumnya di Indonesia yang sampai saat ini masih tetap terus berjuang menegakkan harkat, martabat dan eksistensi rumpun melayu ditengah perubahan dan kemajuan zaman,” kata Rida melalui pesan singkatnya malam tadi.

Menurutnya, seperti rumpun bangsa lain, hendaknya rumpun melayu harus berani menghadapi segala cabaran dan persoalan yang terjadi. Karena seiring perkembangan zaman, menurut Rida segala tantangan bukanlah menjadi sebuah penghalang, namun pelecut semangat dalam membuktikan bahwa melayu itu mampu.

Sudah seharusnya, tegas Rida seorang anak jati melayu harus tangguh dan tanggap dalam menyikapi perubahan. “Saya bangga menjadi orang melayu, karena itu saya akan terus berdaya upaya bersama masyarakat melayu lain untuk menjadikan rumpun melayu ini sebagai rumpun bangsa yang terus menerus mewariskan tradisi dan kebudayaan yang besar dan berguna bagi bangsa ini,” sambungnya memaparkan.

Masih menurut pandangannya, juga masih menjadi hal yang terpenting adalah bagaimana masyarakat melayu sekarang harus terus menjaga, merawat dan membesarkan nilai-nilai kehidupan yang diwariskan oleh Tamaddun melayu. Serta menjadikan kebudayaan melayu sebagai salah satu puncak terpenting kebudayaan nasional.

“Ke depan saya berharap dapat membangkitkan semangat Entrepreneurship orang-orang melayu terutama generasi mudanya. Karena orang melayu telah diwariskan semangat itu melalui folosofi hidup yang diwariskan Laksamana Hang Tuah : Esa hilang dua terbilang patah tumbuh hilang berganti, takkan melayu hilang di bumi. Itu prinsip Entrepreneurship yang hebat,” tegasnya.

Dimana prinsip kemandirian, kreatifitas dan visioner bermula dari filosofis Laksamana Hang Tuah itu pula. Karenanya semangat yang terkandung tersebut akan terus hadir dan nyata karena orang-orang melayu kata Rida, sangat menjunjung tinggi nilai hidup.

“Tumbuh bersama dalam kebersamaan. Orang melayu itu adalah rumpun bangsa yang hebat dan unggul, itulah sebab mereka misalnya bisa mewariskan bahasa melayu sebagai bahasa pemersatu bangsa Indonesia ini,” terang Rida mengajak seluruh generasi muda melayu untuk bersatu padu.

Menjadikan Riau lebih tangguh lagi kedepan. Lebih hebat lagi menggilas zaman, bukan digilas zaman. Dalam persaingan di kancah global sebagai rumpun nan diperhitungkan bagi seluruh rumpun di dunia.(egp/RPG)

Respon Anda?

komentar