15 Hari Operasi Simpatik, Polisi Keluarkan 287 Lembar Surat Tilang

501
Pesona Indonesia
Ratusan sepeda motor hasil dari Operasi Simpatik Seligi 2016 masih diamankan di Mapolres Karimun. foto:sandi/batampos
Ratusan sepeda motor hasil dari Operasi Simpatik Seligi 2016 masih diamankan di Mapolres Karimun. foto:sandi/batampos

batampos.co.id – Operasi Simpatik Seligi 2016 yang dilaksanakan Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Karimun sejak 1 Maret 2015 sampai dengan pertengahan bulan ini telah mengeluarkan ratusan lembar surat tilang untuk para pengemudi kendaraan bermotor yang melanggar peraturan lalu lintas.

”Kita telah mengeluarkan 287 lembar surat tilang untuk pengemudi roda dua dan roda empat dengan berbagai jenis pelanggaran. Rinciannya, 85 lembar surat tilang kita berikan untuk pengemudi roda dua yang tidak menggunakan helm. Kemudian, 115 surat tilang untuk pengemudi roda dua dan roda empat yang tidak membawa STNK saat dilakukan pemeriksaan ketika operasi,” ujar Kasat Lantas Polres Karimun, AKP I Putu Bayu Pati, Rabu (16/3).

Selain itu, katanya, 73 lembar surat tilang diberikan kepada pengmudi sepeda motor yang tidak lengkap. Misalnya, kaca spion tidak ada, plat nomor polisi yang harus terpasang di depan di belakang tidak ada dan juga ada sepeda motor yang kondisinya tidak dilengkapi dengan kelaikan standar. Lalu ,5 lembar surat tilang untuk pengemudi sepeda motor yang tidak membawa SIM.

”Termasuk 9 surat tilang kita berikan kepada pengemudi roda empat yang tidak mengenakan safety belt. Karena, safety belt termasuk dalam keselamatan berlalu-lintas. Kalau kita melihat, dalam 15 hari secara berturut-turut kita melaksakan operasi, sebagian besar yang mendapatkan surat tilang pelanggarannya karena tidak membawa STNK. Ada yang membawa STNK, namun hanya fotokopi,” papar Putu.

selanjutnya surat teguran, Putu menyebutkan, dalam setiap operasi tidak semua pengemudi kendaraan bermotor yang melanggar peraturan lalu lintas diberikan surat tilang, melainkan jika pelanggarannya ringan. Maka diberikan surat teguran.

”Dan, untuk surat teguran yang kita keluarkan selama dua pekan dilaksanakannya operasi sebanyak 376 lembar. Selain itu, kita juga ada memberikan 100 helm gratis, terdiri dari 40 untuk orang dewasa dan 60 untuk anak-anak,” ungkapnya. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar