Bea Cukai Batam Gagalkan Penyelundupan Sabu Senilai Rp 9 Miliar Sepanjang Februari 2016

1301
Pesona Indonesia
Petugas Bea Cukai Batam saat memberikan keterangan kepada pers. Foto: Eggi/ batampos.co.id
Petugas Bea Cukai Batam saat memberikan keterangan kepada pers.
Foto: Eggi/ batampos.co.id

batampos.co.id – Dalam periode 1 Februari hingga 29 Februari 2016 Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tipe B Kota Batam telah berhasil melakukan penindakan terhadap 36 kasus penyeludupan berbagai jenis barang di Kota Batam.

Dari 36 kasus tersebut, terdiri dari 18 kasus narkotika, psikotropika, dan Prekursor (NNP), 15 kasus kategori Barang Kena Cukai (BKC), dan 3 kasus penegahan handphone.

“Total seluruh pengungkapan sebanyak 36 kasus ini bernilai miliaran rupiah. Namun, sabu yang merupakan memiliki nilai tertinggi yang jumlahnya hingga 9 miliar rupiah,” ungkap Kunto, Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi (BKLI) Bea dan Cukai Batam.

Lebih lanjut Kunto menjelaskan mengenai kasus BKC seperti rokok dan minuman keras masih marak terjadi di Batam. Batam yang merupakan kota paling srategis kerap dijadikan jalur penyelundupan barang-barang BKC.

“Dari BKC sendiri, nominalnya tembus hingga Rp 227 juta. Bahkan, banyak juga yang sudah tersebar di pasaran Kota Batam,” lanjut Kunto.

Sementara itu, dari 3 kasus penindakan handphone. Kesemuanya terjadi di Bandara Internasional Hang Nadim, dengan jumlah barang yang berhasil disita sebanyak 253 unit hp dan 40 buah casing hp.

“Untuk kasus 3 penyeludupan handphone, nilai total taksirannya lebih tinggi dari BKC, yakni hingga mencapai 759 juta rupiah,” terangnya.

Kunto mengatakan pihaknya akan melakukan berbagai usaha dengan cara lebih intensif, yang diantaranya kerja sama dengan operator, baik ferry maupun pesawat udara, untuk mendapatkan informasi daftar penumpang.

Sehingga nantinya memperkecil kemungkinan barang tersebut lolos dari pengawasan petugas Bea dan Cukai Tipe B Kota Batam.

“Semoga sinergi yang telah terjalin dapat semakin ditingkatkan dimasa yang akan datang,” pungkasnya. (eggi)

Baca juga:

Bea Cukai Batam Gagalkan Penyelundupan 325 Gram Sabu Asal Malaysia

 

Respon Anda?

komentar