Dapat Bantuan 45 Bus Baru, Dishub Siap Buka Rute Baru Trans Batam

1627
Pesona Indonesia
Penumpang menaiki bus Trans Batam di halte Tiban III, Sekupang. Foto: Dalil Harahap/Batam Pos
Penumpang menaiki bus Trans Batam di halte Tiban III, Sekupang.
Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Tahun ini, Pemerintahan Kota (Pemko) Batam menerima bantuan 45 bus dari pemerintah pusat. Bus itu akan melayani rute-rute baru yang selama ini hanya didominasi angkutan kota yang sudah tak laik jalan.

“Mei nanti, 15 bus besar akan datang,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Zulhendri, Kamis (17/3) .

Namun, hibah tersebut bersyarat. “Kami dari Pemko Batam harus mampu menyediakan dana pendamping yang akan digunakan untuk biaya operasional,” ujarnya.

Satu unit bus besar yang akan datang Mei nanti ditaksir memiliki harga Rp 1,2 miliar. Kedatangannya diperkirakan akanĀ  mampu memenuhi ekspektasi masyarakat Batam untuk mendapatkan fasilitas transportasi massal yang diidam-idamkan sejak lama.

Sayangnya, Pemko Batam kelihatannya belum akan mengoperasikan semuanya. “Operasionalnya besar, sehingga tak semuanya bisa beroperasi dulu,” katanya.

Selain dapat bus baru, Dishub Batam membuka rute baru yakni Tanjungpiayu-Batamcentre dan Batamcentre-Jodoh dengan jam operasional mulai dari pukul 06.00-18.00 WIB.

“Rute tanjungpiayu-Batamcentre akan mulai sekitar Mei nanti,” ujarnya lagi.

Tidak cukup hanya menyediakan bus untuk jalur utama, ada kemungkinan Batam juga akan memiliki trayek angkutan pancingan (feeder) yang mampu membawa penumpang dari jalan-jalan kecil menuju jalan utama.

“Peraturan Walikota (Perwako) Jaringan Trayek (Jatra) masih digarap, mudah-mudahan akan diresmikan pada 2017 nanti,” ungkapnya. (leo)

Respon Anda?

komentar