Pasca Temukan Pelajar Mabuk Komix, Pemkab Anambas Bentuk Tim Ketertiban Umum

1705
Pesona Indonesia
Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris.
Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris.

batampos.co.id – Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris, sudah berkoordinasi dengan sejumlah tokoh masyarakat bagaimana mengantisipasi penyakit masyarakat (Pekat) yang akhir-akhir ini sudah merambah hingga ke kalangan remaja bahkan anak sekolah.

“Kita akan lahirkan regulasi bagaimana mengatasi masalah ini supaya lebih optimal. Baik itu anak sekolah maupun yang sudah tidak sekolah lagi dilarang minum dijalan atau gang namun secara rinci akan dirapatkan lagi,” ungkap Haris ketika temu wartawan dikediamannya di Jalan Imam Bonjol Tarempa, Rabu (16/3).

Saat ini pihaknya sudah sudah membuat tim Ketertiban Umum (Tibum) dan Surat Keputusa (SK) sudah dikeluarkan. Namun pihaknya masih akan duduk bersama dengan instansi vertikal seperti TNI Polri karena masalah ketertiban umum itu wajib melibatkan mereka. “Tinggal dijadwalkan saja nantinya, meski saya sedang tidak ada di sini, bisa tetap berjalan tinggal mensosialisasikan. Itulah upaya penertibkan dari pemda,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra, menambahkan, pihaknya tidak menyalahkan penjual komix karena obat batuk itu dijual secara resmi dan mudah didapatkan. “Mungkin kita akan sosialisasi bagi pedagang, jika ada anak-anak yang membeli komix banyak perlu dicurigai, jika anak yang membeli harus dibatasi,” ungkapnya.

Sementara itu mengenai payung hukumnya, kata Wan Zuhendra, akan segera dibuat. “Kita ini lagi cari format, apakah pelaku bisa diasingkan untuk sementara atau bagaimana, ini masih dipelajari,” tandasnya.

Sebelumnya, SP, salah satu siswa disalah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Desa Nyamuk, Kecamatan Siantan Timur, ketangkap basah sedang mabuk pada Sabtu (12/3) sekitar pukul 23.00 WIB. SP tertangkap sedang mabuk depan rumah Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris.

Setelah diinterogasi, SP mabuk karena minum komix satu kotak. Komix menjadi pilihan pelajar untuk mabuk karena selain harganya yang murah, juga mudah didapatkan karena hampir setiap warung menjual komix. (sya/bpos)

Respon Anda?

komentar