Pencari Kerja di Natuna Capai 2.000 Ribu Orang, Lowongan Kerja, Kosong

2740
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Hingga awal tahun 2016 ini, jumlah pencari kerja yang terdaftar di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Natuna cukup tinggi. Hampir mencapai 2.000 orang.

Banyaknya pencari kerja, tidak sepadan dengan jumlah lowongan pekerjaan di Natuna. Bahkan lowongan itu hampir tidak ada.

Kepala Bidang Ketenagakerjaan Dinsosnakertrans Pemkab Natuna Syamsul Bahri mengakui, mayoritas pencari kerja adalah tamatan SMA sederat dan sebagian para sarjana.

“Permasalahannya di Natuna tidak terdapat lowongan pekerjaan saat ini. Sebab tidak terdapat perusahaan yang membuka lowongan,” kata Syamsul, Rabu (16/3).

Saat ini andalan masyarakat hanyalah perkantoran milik pemerintah. Tidak ada perusahaan yang menyerap pekerja hingga ratusan.

Diakui Syamsul, di Natuna banyak perusahaan terdaftar di pemerintah. Namun perusahaan bergerak di bidang konstruksi. Tentu perusahaan itu di Natuna tidak banyak menyerap pekerja.

“Memang lulusan SMA paling banyak, mengurus kartu pencari kerja. Apalagi sekarang kondisi ekonomi yang merosot susah cari kerja,” ujar Syamsul.

Dikatakan Syamsul, angka pengangguran di Natuna cukup tinggi. Karena tidak adanya lowongan pekerjaan, pada tahun 2015 lalu saja tercatat 1.600 lebih pencari kerja. Jumlah tersebut tidak termasuk data tahun sebelumnya.

“Pencari kerja terus bertambah, tapi lowongan tidak ada,” ujarnya.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar