Perizinan di Batam Jadi Sorotan, Eh Malah Juara Satu

936
Pesona Indonesia
Wali Kota Batam Rudi sidak ke BP-PTSP di Sumatera Promotion Centre, saat masih menjabat sebagai Wawako. Foto cecep mulyana/batampos
Wali Kota Batam Rudi sidak ke BP-PTSP di Sumatera Promotion Centre, saat masih menjabat sebagai Wawako. Foto cecep mulyana/batampos

batampos.co.id – Pelayanan perizinan di Batam hingga saat ini masih menjadi sorotan. Beberapa kalangan menilai, perizinan birokrasinya masih panjang dan berbiaya tinggi.

Namun, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menempatkan Pemko Batam sebagai juara satu se Indonesia dalam hal pelayanan publik, percepatan pelayanan perizinan. Batam menyingkirkan 456 kabupaten/kota lainnya se Indonesia.

“Ini menjadi kabar baik untuk kita. Mudah-mudahan pelayanan perizinan di Batam ini terus ditingkatkan,” Kata Ardiwinata, Kabaghumas Pemko Batam, Kamis (15/3/2016).

Ardiwinata, mengatakan sebelum ditetapkan BPM dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan BPM Pemko Batam sebagai juara, dari semua kabupaten kota dilakukan seleksi. Kemudian diseleksi menjadi 57 kabupaten/kota. Kemudian diseleksi lagi menjadi 13 kabupaten kota.

“Dari 13 kabupaten/kota itu baru terpilih Batam sebagai yang paling hebat,” katanya.

Menurut Ardiwinata, saat ini, Pemko Batam terus membenahi pelayanan perizinan. Dalam hitungan jam, perizinan sudah bisa selesai.

“Kalau sekarang sesuai perintah pak Presiden, perizinan memang sudah dipangkas. Kalau memang persyaratan lengkap maka hitungan jam sudah selesai,” katanya.

Kepala BPM dan PTSP Pemko Batam Gustian Riau menyambut baik terpilihnya Batam sebagaiĀ  pelayanan publik, percepatan pelayanan perizinan. Penilaian ini dilakukan tim independen dari tujuh universitas terkemuka di Indonesia.

“Jadi penilaiannya independen. Kita tidak tahu kapan mereka melakukan penilaian,” katanya.

Memang kata Gustian, saat ini di BPM dan PTSP Pemko Batam sudah sangat mudah. Efektif dan cepat. Pelayanan dengan sistem online.

“Jadi tinggal dowload berkas pendaftaran melalui internet saja. Tidak perlu ke Pemko Batam. Kalau memang syarat lengkap, dua jam bisa selesai,” katanya.

Gustian mengakui beberapa waktu lalu Asisten deputi MenPAN dan RB berkunjung ke BPM dan PTSP pemko Batam mengakui pelayanan di BPM dan PTSP yang semakin baik. Beberapa waktu lalu, Mendagri juga memuji BPM dan PTSP yang sangat bagus.

“Kalau piala penghargaannya nanti akan diberikan bersamaan dengan Musrenbang Nasional. Ini menjadi penyemangat buat kita. Intinya pelayanan tetap kita tingkatkan,” katanya. (ian/bp)

Respon Anda?

komentar