BP Batam Persembahkan Kereta Api sebelum Masa Jabatan Jokowi Berakhir

4186
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Batam akan memiliki moda transportasi kereta api.

“Sekarang, posisinya ada di Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional),” kata Direktur Perencanaan dan Teknik Badan Pengusahaan (BP) Batam, Imam Bachroni, Kamis.

Ia memastikan, proyek itu pasti akan terwujud.

BP Batam tengah menunggu persetujuan dari Bappenas. Setelah muncul kata ‘iya’, mereka akan segera membuat Detailed Engineering Design (DED). Sejauh ini, pre-design jalur kereta api itu sudah masuk Bappenas.

Langkah selanjutnya, pemerintah dapat mulai mencari investor. Apakah investor yang akan membangun keseluruhan infrastruktur atau menjadi pengelola, itu masih belum dibicarakan. Hal tersebut sangat bergantung pada kesiapan investor.

“Yang namanya kereta api itu kan nanti ada macam-macamnya lagi,” ujarnya.

Menurut Imam, pemerintah sangat mungkin bekerja-sama dengan pihak ketiga sebagai pengelola. Tetapi jika pemerintah ingin mengelola kereta api ini, ia pun tidak masalah.

Ia berharap masalah perizinan ini dapat selesai di tahun 2016. Sehingga, pengerjaan dapat dilakukan di tahun berikutnya. Menurutnya, pembangunan jalur kereta api ini akan memakan waktu sekitar dua tahunan.

“Kami akan kejar terus. Semoga sebelum Pak Jokowi selesai (menjabat), Batam sudah punya kereta api,” katanya. (ceu/ray/jpnn)

Respon Anda?

komentar