Proyek Penyediaan Air Desa Jang Telan Biaya Rp 289.110.000

1646
Pesona Indonesia
Proyek penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) di Desa Jang, Kecamatan Moro. foto:polister/batampos
Proyek penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) di Desa Jang, Kecamatan Moro. foto:polister/batampos

batampos.co.id – Pembangunan proyek penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) di Desa Jang, Kecamatan Moro, menelan biaya senilai Rp 289.110.000. Rinciannya sumber dana BLM -APBN senilai Rp 231.288.000. Bantuan masyarakat incash Rp11.600.000, dan bantuan masyarakat In Kind Rp46.257.900. Bangunan ini dikerjakan pelaksana KKM Mandiri Indah.

Kini bangunan Pamsiman di Desa Jang itu, satu paket yaitu pembangunan reservoir. Jaringan pipa dan kran umum. Sementara bangunan itu masih dalam tahap penyelesaian. Sumber air berupa sumur bor yang nantinya menjadi air bersih akan didistribusikan pada masyarakat Desa Jang tersebut.

Kepala Desa Jang Moro, Nurbi, mengatakan untuk pemasangan jaringan pipa ke rumah warga berdasarkan permintaan dengan biaya sendiri. “Bangunan ini hanya sebatas penyediaan air minum dan pemasangan jaringan pipa induk di sepanjang jalan,” ungkap Nurbi, Kamis (17/3).

Untuk saat ini bangunan itu masih tahap penyelesaian. Jika air minum itu sudah bisa dimanfaatkan tentu akan dimusyawarahkan dengan masyarakat tentang besar biaya pasang pipa, dan pasang kran di rumah masyarakat.

“Untuk musyawarah bayar bulanan air minum karena air minum itu nantinya akan dikelola masyarakat Desa Jang itu sendiri. Insya Allah, diharapkan air minum itu berdaya guna untuk dimanfaatkan masyarakat Desa Jang,” ujarnya. (pst/bpos)

Respon Anda?

komentar