Upaya Bintan Menuju Peta Wisata Dunia, Dubes RI Siap Fasilitasi Promosi

1149
Pesona Indonesia
Dubes RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya di Bintan Expo. foto:fatih muftih/batampos
Dubes RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya di Bintan Expo. foto:fatih muftih/batampos

batampos.co.id -Pariwisata Kabupaten Bintan adalah keniscayaan. Demikian keyakinan Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Ngurah Swajaya ketika berkunjung ke Bintan, Kamis (17/3). Potensi pariwisata Bintan punya masa depan cerah. “Modalnya sungguh signifikan,” ungkap Ngurah, usai mengadakan dialog dengan Bupati Bintan, Apri Sujadi.

Apa yang disebut potensi signifikan itu adalah kegiatan kalender pariwisata di Bintan yang diakui Ngurah masyhur di tengah-tengah masyarakat Singapura, tapi juga sudah berkelas dunia. Belum lagi sejumlah fasilitas mendukung seumpama hunian-hunian berbintang yang tersebar di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Lagoi. Bila potensi ini dimaksimalkan, Ngurah meyakini Bintan bisa menjadi peta wisata kelas dunia.

Karena sebagai perwakilan Indonesia di Singapura, Ngurah membuka diri selebar-lebarnya kemungkinan kerja sama lebih intensif antara Pemerintah Kabupaten Bintan dengan pemerintah Singapura. Hal ini sangat terbuka kemungkinan terjalinnya. Sebab, kata Ngurah, pada salinan kerja sama bilateral dua negara ini, termaktub pula pola kerja sama dalam pengembangan kawasan Batam-Bintan-Karimun.

“Saya sendiri siap mempromosikan pariwisata Bintan di Singapura,” tegas duta besar yang mengaku sudah kepincut dengan Bintan sedari dulu ini.

Di mata Ngurah, Singapura adalah pasar internasional. Selain pemerintah Singapura yang sudah begitu mengenal Bintan, banyak bercokol pelancong dan kantor perwakilan perusahaan-perusahan besar dari seluruh dunia di negara jiran tersebut. “Jadi, kalau kami promosikan pariwisata Bintan di Singapura, targetnyanya bukan cuma warga negara Singapura, tapi juga warga dunia yang kebetulan mampir atau punya kantor cabang di sana,” kata Ngurah.

Sebab itu, secara khusus kepada Apri Sujadi, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura siap menerima kunjungan jajaran Pemerintah Kabupaten Bintan. Ada banyak kesempatan yang bisa dibicarakan di sana. Baik itu memajukan pariwisata atau peluang investasi. “Karena saya sudah dijamu dengan baik di sini, saya mengundang Pak Bupati buat promosi daerahnya di sana,” ungkap penghobi golf ini.

Diberi kesempatan sedemikian, bukan main hangatnya Apri menyambut undangan lisan tersebut. Dalam waktu dekat, kata dia, sedang disiapkan agenda untuk berkunjung ke Singapura sekaligus kembali mempromosikan potensi pariwisata dan investasi di Bintan. “Sejauh ini kan wisman paling banyak yang main ke Bintan juga orang Singapura. Pasar kami sangat besar di sana,” ungkapnya.

Apri juga meyakini dengan mempromosikan segala yang dipunya Bintan di Singapura bakal jadi momentum baru buat kian memajukan pariwisata yang menjadi sektor andalan pendulang pendapatan asli daerah. “Karena itu, di kesempatan ini kami juga mengundang Pak Dubes agar bisa ikut hadir pada pembukaan Tour de Bintan awal April mendatang. Siapa tahu silaturahim hari ini adalah pemantik untuk kerja sama lebih intens ke depannya,” pungkas Apri. (muf/bpos)

Respon Anda?

komentar