Pemadaman Listrik 16 Jam, Pelanggan Dapat Kompensasi 10 Persen

768
Pesona Indonesia
Supervisor Pembangkit PLN Rayon Dabo Singkep, Sarjono dan Staf Tehnik PLN Rayon Dabo, Hot Maruli Tua. foto:wijaya satria/batampos
Supervisor Pembangkit PLN Rayon Dabo Singkep, Sarjono dan Staf Tehnik PLN Rayon Dabo, Hot Maruli Tua. foto:wijaya satria/batampos

batampos.co.id – PLN Rayon Dabo Singkep telah melakukan pemadaman bergilir hingga lima jam yang telah berlangsung selama seminggu terakhir di sejumlah lokasi. Hal ini dikarenakan kerusakan pada dua unit mesin pembangkit listrik Diesel CAT yang disewa PLN dari pihak ketiga yakni CV Fortuna.

Menurut Supervisor Pembangkit PLN Rayon Dabo Singkep, Sarjono, PLN menggandeng pihak ketiga yakni CV Fortuna dalam melayani konsumen pemenuhunan kebutuhan listrik dengan menyewa mesin pembangkit listrik diesel. Saat ini dua mesin milik CV Fortuna mengalami kerusakan.

“Hari ini mereka telah mendatangkan teknisi dan alat untuk memperbaiki mesin,” ujar Sarjono di Kantor PLN Rayon Dano Singkep, Jumat (18/3).

Lebih lanjut, Sarjono menerangkan, dalam penandatanganan kerja sama antara PLN dan CV Fortuna, pihak ketiga diwajibkan memenuhi kebutuhan KWH yang telah ditetapkan bersama selama setiap bulannya. Sehingga jika ketentuan tersebut tidak terpenuhi kewajiban pihak ketiga yakni CV Fortuna membayar denda kepada PLN.

Namun terkait masalah besaran denda yang dikenakan kepada pihak ketiga, Sarjono tidak mengetahui jumlah besarannya. Dia mengaku terkait besaran denda tersebut diatur oleh PLN Cabang di Tanjungpinang atau PLN Wilayah di Pekanbaru.

Di tempat terpisah, Direktur CV Fortuna, Beni Cahyadi membenarkan terkait denda yang dikenakan tersebut. “Tidak capai target ya kena denda,” jawab singkat Beni ketika dimintai keterangan.

Sementara itu, menurut Staf Tehnik PLN Rayon Dabo, Hot Maruli Tua, masyarakat yang notabenenya sebagai konsumen PLN mendapat kompensasi pada program Tingkat Mutu Pelayanan (TMP) sebesar 10 persen dari jumlah tagihan pelanggan dalam sebulan.

“Jika gangguan terjadi sebanyak 18 kali gangguan atau pemadaman terjadi selama 16 jam dalam sebulan, konsumen mendapat 10 persen konpensasi,” kata Maruli.

Maruli menambahkan, untuk rekening prabayar atau token konpensasi akan tertera di bawah faktur pembayaran dengan penambahan sebanyak 10 persen. Sedangkan untuk pasca bayar, secara otomatis akan dipotong sebesar 10 persen dari jumlah tagihan pelanggan. (wsa/bpos)

Respon Anda?

komentar