Pengusaha Jangan Takut Ditemui Petugas Sensus Ekonomi

844
Pesona Indonesia

sensus-ekonomi-2016batampos.co.id – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tanjungpinang, Hamizar optimis pelaksanaan Sensus Ekonomi (SE) tahun 2016 yang akan digelar Mei 2016 berjalan dengan lancar. Kendati dalam perjalanannya nanti para petugas akan menemui kendala dalam mengumpulkan informasi.

“Saya optimis bisa berjalan dengan baik,” ujar Hamizar usai apel siaga Sensus Ekonomi tahun 2016 di Lapangan Pamedan Ahmad Yani, Jumat (18/3).

Hamizar melanjutkan, kendala pasti ditemukan, apalagi di daerah perkotaan yang notabene penduduknya pekerja. Sehingga sensus juga akan dilakukan pada malam hari.

Kendala lainnya, kata Hamizar, adanya kelompok tertentu yang menurutnya sulit untuk dimintai informasi. “Karena itu kami akan melatih petugas cara berkomunikasi dengan baik. Juga akan disiapkan RT dan orang yang dituakan untuk mendampingi petugas,” ujarnya. Para petugas akan dilatih selama empat hari yang terbagi dalam dalam dua gelombang.

Dalam sensus, 402 petugas akan diturunkan untuk melakukan sensus di 615 blok sensus dan di lebih 10 ribu usaha masyarakat Kota Tanjungpinang.

Hamizar mengingatkan, pelaku usaha tidak perlu takut jika didatangi petugas sensus. “Karena ini tidak ada kaitannya dengan pajak,” ujarnya

Sementara Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul berharap masyarakat Kota Tanjungpinang dapat mensukseskan pelaksanaan Sensus Ekonomi, yaitu dengan cara memberikan informasi yang sebenarnya. “Data sensus ini akan menjadi data paling lengkap untuk melihat pertumbuhan ekonomi dan struktur perekonomian,” ujarnya.

Dalam hal ini, kata Syahrul, peran petugas sangat penting. Tidak hanya berperan mengumpulkan informasi, melainkan juga berperan dalam menentukan kebijakan. “Karena informasi dijadikan landasan dalam penyusunan kebijakan,” ujarnya.

Karena itu, lanjutnya, para petugas dituntut memliki dedikasi tinggi untuk mencari informasi dengan baik. “Kesalahan yang dilakukan akan berdampak pada kebijakan yang akan disusun,” tuturnya.

Ia juga berharap, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Kota Tanjungpinang ikut mensosialisasikan sensus ekonomi dengan mendorong mitra usaha untuk menjawab dengan jujur. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar