Penyakit Jembrana pada Sapi, Ini Ciri-cirinya…

951
Pesona Indonesia
Sapi Jembrana sedang diberi vaksin oleh  petugas karantina hewan. foto:syahid/batampos
Sapi Jembrana sedang diberi vaksin oleh petugas karantina hewan. foto:syahid/batampos

batampos.co.id – Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kabupaten Kepulauan Anambas Catherina menjelaskan ciri-ciri sapi yang terkena virus jembrana. Leher dan paha pada sapi berbintik merah-merah, demam tinggi dan keluar keringat darah.

Ia mengakui saat ini yang menjadi kendala pihaknya untuk melakukan vaksinasi adalah pengadaan obat untuk ternak di Anambas anggarannya tidak tersedia. Tidak mau menyalahkan pihak manapun, ia pastikan akan berupaya untuk melakukan pengobatan pada sapi yang positif terkena virus jembrana.

Kata Catherina saat ini Anambas sudah memiliki gedung untuk laboratorium bagi binatang ternak. Namun hampir dua tahun terakhir anggaran yang diajukan untuk pengadaan alat perlengkapannya belum di penuhi. Gedung sebelumnya di bangun di Kecamatan Jemaja menggunakan anggaran dari Pemerintah Provinsi Kepri.

Sebelumnya, di Kabupaten Kepulauan Anambas sudah mulai muncul penyakit baru pada sapi ternak khususnya sapi Bali. Baru-baru ini tim dari Balai Feterina Sumatera Barat menemukan adanya penyakit sapi yang disebut Jembrana di Jemaja dan Jemaja Timur. Penyakit ini menyerang khusus pada sapi bali tidak bisa menyerang sapi jenis lain.

Jumlah sapi yang terjangkit penyakit Jembrana diketahui ada 3 ekor. “Dari 15 ekor yang diperiksa sebagai sample, ada tiga yang positif,” ungkap Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Kepulauan Anambas Ardi Abdillah.(sya/bpos)

Respon Anda?

komentar