Taruna Ikatan Dinas Tak Lagi Otomatis Jadi PNS

1247
Pesona Indonesia

sekolah ikatan dinas

batampos.co.id – Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmadja menegaskan, taruna/mahasiswa Lembaga Pendidikan Ikatan Dinas (LPID) tidak langsung diangkat menjadi CPNS. Mereka baru akan diangkat sebagai CPNS setelah selesai pendidikan dan memperoleh ijazah.

“Jadi saat ini yang kami rekrut adalah calon siswa sekolah ikatan, bukan CPNS,” tegas Setiawan, Jumat (18/3) di Jakarta.

Diterangkannya, calon siswa akan diseleksi secara ketat seperti halnya seleksi yang diperuntukkan bagi CPNS. Mulai dari seleksi administrasi, dan tahapan Tes Kompetensi Dasar (TKD).

“Di samping tes lainnya sesuai dengan persyaratan masing-masing sekolah ikatan dinas tersebut,” jelasnya.

Menurut Setiawan, sekolah ikatan dinas bukanlah sekolah yang mudah. Karena siswa akan diberikan pendidikan khusus yang memiliki tingkat kesulitan tertentu.

“Tentunya kita akan sangat selektif karena jabatan fungsional yang akan mereka isi bukanlah pekerjaan umum yang dapat dilakukan orang tanpa pendidikan spesifik,” tutur Setiawan.

Mulai hari ini, Selasa tanggal 15 Maret sampai 27 Mei 2016, tujuh LPID membuka pendafataran menerima calon taruna-taruni baru untuk tahun akademik 2016/2017.

Adapun ketujuh LPID tersebut,

Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN
Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)
Sekolah Tinmggi Ilmu Statistik (STIS)
Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)
Akademi Imigrasi (AIM) dan Poltekip
Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG)
Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

Dari keseluruhan LPID yang membuka pendaftaran tahun ini, mereka menyediakan total 5.940 kursi calon siswa baru. (ndo/JPG)

Respon Anda?

komentar