314 Ha Lahan Gambut Terbakar di Dumai Sejak Januari 2016

796
Pesona Indonesia
dumai
Kebakaran lahan gambut di Dumai (F: Riau Green)
batampos.co.id – Sejak Januari lalu hingga pertengahan Maret sekitar 314,5 hektare lahan gambut terbakar di wilayah Kota Dumai, Riau. Pada bulan Februari saja lahan yang dilahap api r 200,5 hektare.
“Ini data terakhir. Memang saat ini kebakaran sudah dipadamkan, namun beberapa lahan masih menimbulkan asap. Tim gabungan masih berupaya memadamkan,” ujar Kepala Distanbunhut Kota Dumai, Dwi Orisyawan kepada Riau Pos (RPG), Jumat (18/3).
Pria yang akrab disapa Wawan ini mengatakan, dari ratusan hektare lahan terbakar tersebut, ada sekitar  100 hektare lahan konservasi yang terbakar, terutama yang masuk dalam hutan wisata Sungai Dumai.
“Kawasan hutan tersebut memiliki luas keseluruhan 4712,5 hektare. Hutan ini membentang di dua kecamatan di Kota Dumai yakni Medang Kampai dan Dumai Timur. Sedangkan wilayahnya berada di tiga kelurahan yakni Mundam, Tanjung Palas dan Bukit Batreem,” terangnya.
Ia menyebutkan, lahan yang terbakar lainnya ada yang merupakan lahan kosong, bekas lokasi penebangan, ladang karet, ladang nenas hingga ladang sawit.
Wawan memastikan, saat ini belum ada lahan yang dikelola perusahaan yang mengalami kebakaran.
Di Dumai ada beberapa perusahaan yang memegang izin hutan tanaman industri  seperti  Diamond Raya Timber, Suntara Gaja Pati (SGP), Ruas Utama Jata (RUJ) dan Arara Abadi. “Kami pastikan belum ada lahan perusahaan yang terkena dampak kebakaran lahan,” terangnya.
“Hingga saat ini Dumai masih status siaga darurat, tentu kami lebih intens ikut dalam penanggulangan dampak kebakaran lahan,” tuturnya.(asp/riaupos.co/RPG)

Respon Anda?

komentar