Dua Bulan Tanpa Kejelasan, Akhirnya Gafatar Sumut Segera Pulang

507
Pesona Indonesia
Ilustrasi. Foto: Istimewa
Ilustrasi. Foto: Istimewa

batampos.co.id – Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) akhirnya memulangkan 303 mantan anggota eks Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) asal Sumut.

Setelah selama dua bulan berada di Asrama Haji Donohudan, Solo, tanpa kejelasan pemerintah Sumut memastikan pada 27 Maret mendatang mereka sudah tiba di Medan. Mereka akan langsung ditampung di delapan tempat pengungsian yang tersebar di Sumut.

“Kalau berjalan sesuai agenda, rencananya 27 Maret mereka semua sudah di sini,” ujar Sekdaprovsu Hasban Ritonga, Jumat (18/3) seperti dikutip dari Sumut Pos (Jawa Pos Group), Minggu.

Pemulangan ratusan warga eks Gafatar asal Sumut akan melalui jalur udara. Biaya untuk memulangkan warga eks Gafatar juga telah dialokasikan dari dana tak terduga TA. 2016. “Anggaran yang akan dikeluarkan sebesar Rp1,6 miliar.” ujarnya.

Mantan Ketua Eks Gafatar Sumut Dadang Darmawan mengaku telah mengetahui terkait pemulangan mereka. Dadang yang mewakili 303 mantan eks Gafatar asal Sumut yang saat ini berada di Boyolali, Jateng.

“Kita mengapresiasi langkah Pemprovsu. Ya kita bersyukur dan berterima kasih pada pemerintah,” ujar Dadang saat dihubungi.

Setibanya di Sumut diakui dosen pengasuh di Fisipol USU ini, pihaknya akan menjalani kehidupan sesuai dengan peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia. “Kita pasti taat hukum berlaku,” pungkasnya. (JPG)

Respon Anda?

komentar