Tahapan Pilkada Terancam, Balonkada Lampung Kembalikan Berkas

1227
Pesona Indonesia
Ilustrasi. Foto: Dok JPNN
Ilustrasi. Foto: Dok JPNN

batampos.co.id – Pemungutan suara pilkada serentak 2017 direncanakan digelar 15 Februari mendatang. Namun, tahapan yang sedang disusun terancam sulit digelar lantaran sampai saat ini pemerintah dan DPR belum juga membahas revisi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Nasrullah mengatakan, revisi UU Pilkada sangat penting segera ditetapkan. Mengingat KPU harus segera menetapkan peraturan KPU sebagai pedoman pelaksanaan pilkada, yang tahapannya harus sudah dimulai dalam satu-dua bulan ke depan, agar target pemungutan suara 15 Februari 2017 tidak terhambat.

“Sampai sekarang revisi ini belum jelas. Sementara KPU sangat menghendaki agar PKPU dapat ditetapkan setelah dikonsultasikan. Jadi fakta dalam proses regulasi sering mengalami keterlambatan untuk mendukung proses hajatan pemilu,” ujar Nasrullah, pada (18/3) lalu.

Menurut Nasrullah, pembahasan revisi harusnya segera dimulai, agar nantinya tidak terburu-buru. Karena tantangan terberat dari substansi undang-undang yaitu bagaimana menghasilkan daya respon yang baik dan progresif.

“Progresifnya itu harus ada terobosan. Contohnya, kalau lemah undang-undangnya, maka harus diperkuat. Paling tidak diperkuat di wilayah penegakkan etik. Kalau mandul di pidana pemilu, maka wilayah penegakkan etiknya diperkuat,” ujarnya.

Nasrullah mengutarakan pandangannya, karena dari pengalaman selama ini, kandidat belum dibatasi sanksi ketika melakukan pelanggaran etik akibat dari prilakunya.

Balonkada Kembalikan Berkas

Pada bagian lain, pengembalian berkas oleh pendaftar Balonkada DPD Partai NasDem Pringsewu jelang penutupan hari ini (20/3) terus bergulir.

Kemarin, dua orang mengembalikan berkas formulir pendaftaran yakni Sekkab Lampung Utara Drs. Samsir MM. Disusul pengusaha asal Pringsewu Siti Rahma pada pukul 12.20.

Ketua Penjaringan Balonkada Nasdem Pringsewu Syahrul Tanjung mengatakan, balonkada yang mendaftar 15 orang terdiri balonbup 7 orang dan 9 balonwabup. Satu nama yakni Ery Setyanegara mengambil dua berkas sekaligus balonbup dan balonwabup. (JPG)

Respon Anda?

komentar