458 Karung Bawang Merah Ilegal Disita di Binjai

499
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Sebanyak 485 karung seberat 4,5 ton bawang merah ilegal disita oleh Subdetasemen (Subden) A Brimob Poldasu, di simpang Jalan Megawati, Jalan Medan-Binjai, Km 17, Kota Binjai, Jumat(18/3) pekan lalu.

“Awalnya petugas menerima informasi yang menyebutkan satu unit mobil truk colt diesel bernomor polisi (nopol) BK 9414 CA melintas di seputaran Kota Binjai menuju Medan, tengah mengangkut bawang merah tanpa dokumen sah,” ujar Dir Reskrimsus Polda Sumut Kombes Ahmad Haydar.

Petugas langsung menindaklanjuti informasi tersebut dan mengamankan satu truk bermuatan 485 karung bawang merah berasal dari Malaysia. “Saat digeledah, sopir dan kernet tidak bisa menunjukkan surat resmi bawang merah tersebut,” ujar Haydar.

Dari interogasi sopir dan kernet, bawang merah ilegal tersebut dibawa dari sebuah rumah di Desa Bukit Tempurung, Kecamatan Kuala Simpang, Kabupaten Aceh Tamiang, untuk dipasarkan ke Medan.

Sopir dan kernet diberi upah angkut sebesar Rp2 juta untuk sekali antar.

“Pemiliknya berinisial Y, masih diburu. Untuk kerugian negara yang berhasil kita amankan sebesar Rp50 juta. Dan barang bukti nantinya diserahkan ke Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan,” terang Haydar.

 

Sementara itu, R(35), sopir truk bawang merah ilegal yang turut diamankan Polda Sumut mengakui jika mereka diperintahkan oleh Y, selaku pemilik bawang merah tersebut.”Saya hanya makan gaji,” ujar ayah satu anak tersebut.(asp/sumutpos.co/RPG)

Respon Anda?

komentar