Kandaskan Harapan Utama, SMA Maitreya Juara HSBL 2016

1866
Pesona Indonesia
Tim Basket SMA Maitreya Batam juara kompetisi bola basket tingkat SMA HSBL 2016. Foto: cecep mulyana/batampos
Tim Basket SMA Maitreya Batam juara kompetisi bola basket tingkat SMA HSBL 2016. Foto: cecep mulyana/batampos

batampos.co.id  – SMA Maitreya Batam berhasil keluar sebagai juara kompetisi bola basket tingkat SMA HSBL 2016.

Pada final, Minggu (20/3/2016) di Hi-Test Arena Eden Park, Batam Center SMA Maitreya berhasil menuntaskan perlawanan SMA Harapan Utama (HU) dengan skor 80-75.

Di kuarter pertama, SMA Maitreya langsung menyerang jantung pertahanan SMA HU. Tembakan tiga angka langsung dicetak pemain nomor punggung 30 dari SMA Maitreya, Jason. SMA HU tak tinggal diam, berbekal keunggulan postur tubuh yang lebih tinggi dan besar, mereka mencoba membalas serangan. Saling berbalas serangan terjadi di hampir sepanjang pertandingan kuarter pertama.

SMA Maitreya yang mengandalkan permainan cepat dan taktis berusaha mengimbangi permainan SMA HU yang mengandalkan postur tubuh. Namun lagi-lagi, Jason kembali menjadi pemain pembeda. Dengan keakuratan lemparan tiga poinnya, SMA Maitreya berhasil unggul tipis 22-21 dari SMA HU di akhir kuarter pertama.

Kuarter kedua, tempo permainan semakin meningkat. Sorakan dukungan suporter kedua tim juga membuat laga berjalan semakin panas. SMA HU mencoba menerapkan pressure kepada pemain SMA Maitreya untuk mengurangi pergerakan pemain SMA Maitreya. Namun, SMA Maitreya tidak tinggal diam. Lewat kerja sama tim yang baik, SMA Maitreya mampu membendung pressure dari SMA HU. Skor akhir di kuarter kedua masih memihak SMA Maitreya dengan skor 42-37.

Di kuarter ketiga, SMA HU mencoba untuk bermain lebih menyerang. Lewat lemparan tiga poin dari pemain nomor punggung 0 dari SMA HU, Welsen mencoba mengejar ketertinggalan timnya. Akhirnya lewat pertarungan sengit, skor akhir di kuarter ketiga, SMA HU berhasil menyamakan kedudukan dengan skor 56-56.

Kuarter keempat, jalannya pertandingan semakin tidak bisa ditebak. Kedua tim saling berbalas serangan lewat serangan balik cepat atau fast break. Di tengah jalannya pertandingan kuarter keempat ini, kedua tim mulai menunjukkan tanda-tanda keletihan. Masing-masing pelatih saling meminta time out untuk menghemat tenaga pemain.

Di akhir kuarter keempat, tampak SMA Maitreya mulai nyaman mendominasi permainan dengan keunggulan 75-69. Sedangkan permainan SMA HU terlihat mulai panik karena ingin mengejar ketertinggalan. Alhasil, SMA Maitreya berhasil memenangkan pertandingan final dengan skor 80-75.

Pelatih, Kriswanto mengatakan senang dengan hasil ini. “Salut kepada perjuangan anak-anak,” ujarnya kepada Batam Pos saat akhir pertandingan. Ini adalah gelar pertama HSBL yang diraih SMA Maitreya. Sementara itu, Jason terpilih sebagai pemain terbaik.

“Senang bisa mengharumkan nama sekolah,” ujarnya. Hasil ini adalah bukti kerja keras tim. “Gelar pemain terbaik hanya tambahan,” kata kapten SMA Maitreya ini.

Sebelum laga final, dilangsungkan pertandingan untuk perebutan gelar juara ketiga. SMA Ananda berhasil menjadi juara ketiga setelah berhasil mengalahkan SMA Mondial dengan skor telak 53-25.

Lomba tari juga dilaksanakan untuk memeriahkan pertandingan final ini. Juara pertama lomba tari diraih oleh Jacky dari SMA Maitreya lewat tarian hip-hop solonya yang menggabungkan tari tradisional dan tari modern. Ia berhasil menyabet uang sebesar satu juta rupiah.

Juara kedua diraih oleh tim dari SMAN 18 Batam yang menampilkan tarian tradisional dan menyabet uang sebesar Rp 750 ribu. Juara ketiga diraih oleh tim dari SMAN 1 Batam yang menampilkan modern dance dan menyabet uang sebesar Rp 500 ribu.

Juara pertama HSBL dari SMA Maitreya berhasil mendapat uang sebesar Rp 5 juta dan piala. Sedangkan runner up dari SMA HU berhasil mendapat uang sebesar Rp 2,5 juta. Pemain terbaik turnamen diraih oleh Jason dari SMA Maitreya dan mendapat uang sebesar Rp 750 ribu. (cr16/bp)

Respon Anda?

komentar