Pemekaran Kecamatan di Tanjungpinang Butuh Proses Panjang

768
Pesona Indonesia
Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Tanjungpinang, Riono. foto:yusnadi/batampos
Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Tanjungpinang, Riono. foto:yusnadi/batampos

batampos.co.id – Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Tanjungpinang, Riono mengatakan pemekaran kecamatan di Kota Tanjungpinang dari empat menjadi enam kecamatan, serta dari 18 menjadi 30 kelurahan masih harus melalui proses panjang.

“Banyak yang harus didudukkan terlebih dahulu,” ujar Riono ditemui di Hotel CK Tanjungpinang, belum lama ini.

Kendati naskah akademik (NA) telah disusun, masih perlu dilakukan pula kajian terhadap layak atau tidaknya pemekaran tersebut. “Tentu masih perlu kajian lagi terhadap NA yang ada seperti apa,” ujarnya.

Selain itu, kata Riono, sebelum dimekarkan, harus dibuat Peraturan Daerah (Perda). Sementara, tahun 2016 ini pihaknya belum mengajukan prolegda terkait itu. “Kemungkinan 2017 nanti,” ujarnya.

Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengatakan, Dompak merupakan satu kelurahan yang dipilih untuk dimekarkan menjadi kecamatan. Mengingat Dompak merupakan pusat pemerintahan Provinsi Kepri.

Hanya saja, untuk saat ini rencana tersebut belum dapat terealisasi secepatnya, karena jumlah penduduk yang belum memadai. “Tapi tetap Dompak dipastikan jadi kecamatan,” ujarnya. Selain jumlah penduduk, sarana dan prasarana yang ada di Dompak belum sepenuhnya siap untuk mendukung dibentuknya Kecamatan Dompak.

Selain Dompak, kawasan Timur juga dimekarkan menjadi dua kecamatan. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar