Titik Api dan Kebakaran Bermunculan, Pembakar Lahan akan Dipolisikan

443
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Petugas pemadam kebakaran Pemkab Natuna bakal melaporkan ke polisi jika ada yang sengaja membakar lahan menyebabkan kebakaran yang meluas.

Ancaman tersebut menyusul maraknya kebakaran lahan dan hutan di wilayah Natuna, yang mengancam dan menimbulkan kerugian.

Kasi Damkar Pemkab Natuna El Kadar menegaskan, pihaknya sudah memberikan toleransi kepada warga yang membuka lahan pertanian dengan cara dibakar. Namun mulai saat ini, jika menyebabkan kebakaran meluas akan dilaporkan ke polisi.

“Sudah ada warga yang kami laporkan ke polres Natuna, karena sengaja bakar lahan. Menyebabkan kebakaran meluas,” ungkap Elkadar, Minggu (20/3).

Saat ini, kata Elkadar, sudah terpantau beberapa titik kebakaran hutan dan lahan yang tidak bisa dijangkau petugas. Diantaranya di Kecamatan Bunguran Timur, Kecamatan Bunguran Tengah, Kecamtn Bunguran Utara dan Kecamatan Bungurn Batubi.

Diakui El Kadar, pihaknya sebenarnya mengetahui siapa saja warga yang sengaja membakar lahan. Namun masih diberikan pengertian. Tapi jika sudah kelewatan, apalagi menyebabkan kebakaran lahan cukup luas dan kerugian akan dilaporkan ke pihak berwajib agar diproses.

Menurut Elkadar, memang sudah kebiasaan warga yang sulit dikontrol, membuka lahan pertanian dengan membakar. Namun mulai saat ini diharapkan, kebiasaan bakar lahan jangan sampai berujung pidana.

“Memang pengakuan petani, kalau tidak ada bakar lahan, bertaninya tidak sah, kalau tidak ada asap bakar lahan,” ujar El Kadar.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar