Wah, Kapal Ini Bisa Lolos Bawa Barang Selundupan karena Tidak Diperiksa BC

1482
Pesona Indonesia
Danlantamal IV Laksamana Pertama S. Irawan memperlihatkan kapal yang berisi minuman bir di Mako Lantamal IV Tanjungpinang, Minggu (20/3). Foto:Yusnadi/Batam Pos
Danlantamal IV Laksamana Pertama S. Irawan memperlihatkan kapal yang berisi minuman bir di Mako Lantamal IV Tanjungpinang, Minggu (20/3). Foto:Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Anak Buah Kapal (ABK) KM Kharisma Indah, S, kepada sejumlah wartawan mengatakan selama ini mereka tidak pernah ditangkap saat membawa barang selundupan dari Singapura. Karena selama ini petugas Bea Cukai yang memasang segel di kapal tempatnya bekerja tidak pernah memeriksa barang bawaan.

”Biasanya aman saja, tidak pernah ditangkap. Diperiksa pun tidak barang bawaan di kapal itu,” ujarnya singkat.

Penyelundupan itu pun berakhir setelah Tim Western Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal IV Tanjungpinang menangkap (KM) Kharisma Indah milik AH, Sabtu (19/3) sekitar pukul 22.00 WIB, di perairan Pulau Bayan, Tanjungpinang. Di kapal tersebut tim menemukan barang ilegal yang tak dilengkapi dokumen seperti minuman beralkohol jenis bir Heineken, Tiger, ABC sebanyak 100 dus. Selain itu petugas juga mendapati gula sebanyak lima ton dan beras sebanyak lima ton.

Staf Ditjen Bea dan Cukai Karimun, Hendri Levi, yang ditemui di dermaga Yos Sudarso Lantamal IV Tanjungpinang, membantah pihaknya mempermainkan segel yang dipasang di dalam kapal tersebut. Penyegelan yang dilakukan pihaknya untuk mengamankan barang-barang yang berada didalam kapal.

Sementara terkait dilepasnya segel yang berada di KM Kharisma Indah di perairan Pulau Bayan yang sempat dipasang di peraian perbatasan Malaysia dan Bintan, Hendri tidak bisa menjawab.”Siapa yang lepaskan segelnya. Nanti kami periksa dulu terkait hal tersebut,” ucapnya gugup.(ias/bpos)

Respon Anda?

komentar