Yuk! Ikut Lomba Foto Pariwisata Sumatera Berhadiah Rp 32 Juta

959
Pesona Indonesia
Villa-vila di atas laut Funtasy Island Batam, dilihat dari udara. Funtasy Island salah satu objek wisata baru di Batam. Foto: dok. FID
Villa-vila di atas laut Funtasy Island Batam, dilihat dari udara. Funtasy Island salah satu objek wisata baru di Batam. Foto: dok. FID

batampos.co.id -Forum Pemimpin Redaksi (Pemred) Riau Pos Grup bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menyelenggarakan Lomba Foto Pariwisata Sumatera 2016. Lomba fotografi ini memperebutkan hadiah dengan total Rp32 juta untuk dua kategori.

“Dalam rangka kegiatan Forum Pemred 3 RPG dan Diskusi Regional Sinergi Strategi Pemasaran Pariwisata 12-15 Mei 2016 di Padang, kita juga menggelar lomba fotografi dengan tema ‘Ayo ke Sumatera, Wonderfull Island’,” kata Ketua Forum Pemred RPG, Muhammad Nazir Fahmi.

Nazir menjelaskan, lomba foto pariwisata dibagi menjadi dua kategori. Ada kategori jurnalis dan kategori umum. Untuk jurnalis, hadiah juara I Rp10 juta, juara II Rp7 juta dan juara III Rp5 juta. Sementara untuk kategori umum, juara I Rp5 juta, juara II Rp3 juta, dan juara III Rp2 juta.

“Lomba ini bersifat regional. Terbuka untuk semua jurnalis dan pegiat fotografi. Khusus untuk kategori jurnalis, foto yang dikirim mengikuti lomba harus sudah diterbitkan di media masing-masing dalam rentang waktu 1 Januari sampai 30 April 2016,” ujar Nazir didampingi Ketua Panitia Forum Pemred 3 RPG, Nashrian Bahzein.

Dijelaskan Nazir yang juga Wakil GM Riau Pos bidang Redaksi ini, untuk kategori jurnalis, saat pengiriman foto wajib melampirkan bukti terbit berupa kliping koran, majalah atau pdf website, dan diperkuat dengan surat keterangan dari pemred medianya.

Dikatakan Nazir, lokasi pengambilan foto di wilayah Sumatera. Tiap peserta mengirimkan paling banyak tiga lembar foto dengan objek yang berbeda. Foto dikirimkan dalam bentuk cetakan, berukuran sisi terpendek 20 cm (kira-kira setara dengan10 R atau 10 RS), disertai CD/flashdisk berisi file digital foto tersebut.

Ukuran file digital foto berketentuan: sisi panjang minimum 3000 pixel disimpan dalam format JPG medium (minimum skala 6).  Nama file digital: Nama peserta_judul_lokasipemotretan_Nomor HP. Foto digital harus masih mengandung EXIF.

“Tidak diperkenankan mencantumkan data, tulisan/gambar apapun di bagian depan foto. Di balik foto harus dilekatkan kertas yang memuat data: Judul foto; Nama dan Alamat  pemotret; No.Telp dan Hp; peristiwa dan lokasi foto. Rekayasa digital diizinkan sebatas  cropping, kontras, dodging dan burning, saturasi,” ujar Nazir lagi.

Semua foto pemenang, kata mantan Pemred Riau Pos ini, menjadi milik panitia dan panitia berhak menggunakan foto tersebut sebagai bahan publikasi tanpa harus  meminta izin terlebih dahulu. Panitia tidak mengembalikan foto yang dikirim oleh peserta. Foto sudah diterima panitia paling lambat 2 Mei 2016, cap pos.

Semua karya foto, jelas Nazir, dimasukkan ke dalam amplop tertutup disertai soft copy dalam bentuk CD/DVD/flashdisk. Di sudut kiri atas amplop ditulis LOMBA FOTO PARIWISATA SUMATERA. Sebutkan kategorinya.

Foto dapat diantar langsung atau dikirim via Pos kepada panitia, dengan alamat: Sekretariat Panitia Lomba Foto Pariwisata Sumatera Gedung Graha Pena Riau Lantai 3 Jalan HR Subrantas Km 10,5 Panam Pekanbaru, Riau Telepon 0761 64633.

“Keterangan lebih lanjut bisa menghubungi Rike Febriani atau Diana Agustin di jam kerja,” ujar Zanir. (rpg)

Respon Anda?

komentar