Dam Tembesi Siap Beroperasi 2018

722
Pesona Indonesia
Warga memotret Dam Tembesi beberapa waktu lalu. Foto: Wijaya Satria/ Batam Pos
Warga memotret Dam Tembesi beberapa waktu lalu. Foto: Wijaya Satria/ Batam Pos

batampos.co.id – Menyusutnya debit air di sejumlah dam di Batam tidak membuat BP Batam selaku pengelola waduk gentar. BP Batam yakin, suplai air bersih di Batam akan aman-aman saja. Apalagi satu dam lainnya, dam Tembesi akan beroperasi 2018.

“Kalau masalah ketersediaan air tidak usah takut. Kita yakin, sangat aman kok. Belum pernah krisis air. Cadangan dam kita juga banyak. Tembesi kemungkinan beroperasi 2018,” kata Tato Wahyu, kepala kantor air dan limbah BP Batam, Selasa (22/3).

Tato mengatakan operasional dam Tembesi seharusnya sudah bisa dilakukan tahun 2016 ini. Tetapi karena kadar garamnya masih ada, maka harus menunggu sampai tawar. Diharapkan dam ini akan mampu memproduksi air bersih 600 liter per detik.

“Kalau curah hujan tinggi tahun ini, mungkin tahun depan bisa digunakan. Tetapi kalau curahnya normal, di 2018 baru bisa dioperasikan,” katanya.

Meski masih dua tahun lagi digunakan, dam yang ada saat ini masih cukup untuk memenuhi kebutuhan warga di Batam. Yang penting dilakukan adalah pemeliharaan dam yang sudah ada.

“Pemeliharaan tetap kita lakukan di semua dam. Pembersihan eceng gondok di Dam Duriangkang masih terus berlanjut,” katanya.

Dalam waktu dekat, Tato menjanjikan akan melakukan penertiban di sekitar dam Tembesi, termasuk penambang pasir ilegal. Di mana akan berkoordinasi dengan direktorat pengamanan untuk melakukan penertiban.

Sementara pengerukan dam, belum akan dilakukan tahun ini. Ini dikarenakan anggaran yang terbatas. Meski menurutnya, wacana untuk melakukan pengerukan itu sudah ada sejak tahun lalu.

“Kalau tahun ini belum dilakukan pengerukan. Kita tunggu sajalah, mungkin tahun depan atau tahun-tahun berikutnya,” katanya. (ian)

Respon Anda?

komentar