Di Tanjungpinang, Izin Usaha Cukup di Lurah dan Camat

1335
Pesona Indonesia
Geliat usaha di Kota tanjungpinang. Kini mengurus izin usaha cukup di lurah dan camat. Foto: dok tanjungpinangpos
Geliat usaha di Kota tanjungpinang. Kini mengurus izin usaha cukup di lurah dan camat. Foto: dok tanjungpinangpos

batampos.co.id – Tidak lama lagi, kepengurusan izin usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Tanjungpinang akan dilimpahkan dari Badan Perizinan dan Pelayanan Terpadu (BP2T) Kota Tanjungpinang ke masing-masing kantor kecamatan.  Selain itu, waktu pengurusan juga akan dipersingkat.

“Dengan adanya pelimpahan itu, lurah dan camat yang sebelumnya hanya memberikan rekom, nantinya yang akan memberi zin usaha,” ujar Sekretaris Kota (Seko) Tanjungpinang, Riono, Selasa (22/3/2016).

Saat ini dikatakan Riono, pihaknya tengah melakukan perubahan Peraturan Wali Kota (Perwako) terkait perubahan pelimpahan wewenang. “Harus dirubah dulu, supaya tidak ada dualisme,” ujarnya.

Untuk waktu pengurusan, kata Riono, juga akan dipangkas. “Satu hari selesai, asal syaratnya sudah dipenuhi semua,” tuturnya.

Kepala BP2T Kota Tanjugpinang, Tengku Dahlan membenarkan, pemindahan wewenang menunggu penarikan kembali wewenang oleh Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah. “Baru setelah itu kita tahu harus wewenang apa saja yang harus kita jalankan,” ujarnya.

Hingga saat ini sebanyak 706 Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dengan modal kurang dari Rp50 juta, dan 3015 SIUP dengan modal Rp50-500 juta terdaftar di BP2T Kota Tanjungpinang. (lra/bp)

Respon Anda?

komentar