DKP Natuna Minta Bantuan 74 Kapal Nelayan

1383
Pesona Indonesia
Jenis kapal ikan tangkap yang dibutuhkan  nelayan di natuna. Foto: istimewa
Jenis kapal ikan tangkap yang dibutuhkan nelayan di natuna. Foto: istimewa

batampos.co.id – Dinas kelautan dan perikanan Kabupaten Natuna terus mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan, dengan menambah armada tangkap.

Kepala Bidang Produksi Sarana dan Prasarana Dinas Kelautan dan Perikanan Pemkab Natuna Dedy Damhudy mengatakan pemerintah daerah mengusulkan 74 unit kapal ikan tangkap melalui program mina maritim.

Ke-74 kapal ikan tangkap yang diusulkan, di antaranya 15 unit kapal ikan tangkap 3 gros tone, 40 unit kapasitas 5 gros ton, dan 10 unit 10 gros ton.

“Kapal tangkap mina maritim ini masih diusulkan melalui pemerintah provinsi. Memang pengadaannya tahun 2016 ini,” kata Dedy, Selasa (22/3/2016).

Dedy menyebut Natuna salah satu kasawan pembangunan sentra perikanan terpadu dari 15 kawasan secara nasional ditetapkan pemerintah. Sehingga Natuna mendapat bantuan kapal tangkap lebih banyak khususnya di Kepri.

“Program mina maritim berjalan hingga tahun 2019 mendatang, setiap tahun itu ada 5000 kapal tangkap diprogramkan pemerintah. DKP mengusulkan model kapal tangkap dan alat tangkap,” kata Dedy.

Sementara dalam merealisasikan bantuan kapal tangkap program mina maritim,  dinas kelautan dan perikanan bekerjasama dengan dinas koperasi dan UKM.

“Penerima bantuan adalah kelompok koperasi di bidang keluatan dan perikanan. Sejauh ini ada 6 koperasi dinyatakan sudah memiliki nomor induk koperasi dari kementerian, targetnya KUBE yang tergabung dalam koperasi,” kata Dedy.

Namun sejauh ini, DKP masih menunggu juklak dan juknis penyaluran mina maritim dari kementerian. Karena dalam aturannya, koperasi yang dibolehkan menerima bantuan, merupakan koperasi yang sudah aktif minimal selama dua tahun. (arn/bp)

Respon Anda?

komentar