Garuda Mendarat Mulus di Silangit, Ini Permintaan Sang Pilot

743
Pesona Indonesia
Danau Toba. Foto: Metro Siantar/dok.JPNN
Danau Toba. Foto: Metro Siantar/dok.JPNN

batampos.co.id  – Penerbangan perdana  Garuda Indonesia rute Jakarta-Silangit mendarat mulus di Bandar Udara Silangit-Siborong-borong, Tapanuli Utara, Selasa (22/3) pukul 11.23. Pesawat dengan nomor penerbangan GA-268 jenis PK-GRE Explore Jet yang berangkat dari Jakarta pukul 09.00 itu disambut antusias masyarakat di tanah Tapanuli, Sumut.

Penerbangan dalam rangka menggenjot kunjungan wisata Danau Toba ini sudah lama ditunggu-tunggu masyarakat.

Seperti disampaikan tokoh masyarakat Tapanuli, Ompu Garuda Purba  saat menerima rombongan Inaugural Flight Jakarta – Silangit.

“Ini sebuah kemajuan bagi kami di Tapanuli Utara khususnya dan tanah Tapanuli umumnya. Kami di sini merasakan suatu pelayanan pembangunan yang sangat baik bagi kemajuan tanah Tapanuli,” katanya di hadapan Plt Gubernur Sumut HT Erry Nuradi, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi, Direktur Utama Garuda Indonesia M Arif Wibowo, Ketua Tim Percepatan 10 Top Destinasi Pariwisata Hiramsyah Sambudhy Thaib dan Direktur Angkutan Udara Maryati Karma. Pesawat itu diisi  49 undangan, 34 penumpang umum dan 27 tim Garuda Indonesia.

Penerbangan dipiloti Kapten Pilot Senior Garuda Indonesia DGP, Kapten Pilot Bonipa dan Co Pilot Media. Pendaratan di runway sepanjang 2.400 x 30 meter berjalan lancar. Hanya saja saat pesawat sempat kesulitan berputar.

“Ya runway perlu diperlebar dan diperpanjang, ya harus 45 meter lebarnya,” kata Kapten Pilot DGP.

Setelah rombongan dan para penumpang disambut oleh tortor Panomu-nomuan, dijamu makan di Hutaginjang, Siborong-borong.

Di tempat itu, rombongan diberikan pemandangan Danau Toba dari Kecamatan Muara, Hutaginjang dari ketinggian 1.550 dpl.

Erry Nuradi dalam sambutannya, mengajak empat bupati, di tanah Tapanuli, yakni Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba Samosir dan Samosir untuk menyatukan semangat demi mendukung dan menjaga alam yang luar biasa indah serta budaya yang juga luar biasa.

“Jangan sampai Garuda Indonesia rugi membuka penerbangan Jakarta-Silangit ini. Saya minta semua membubuhkan tandatangan dukungan, ini perintah gubernur,” tegasnya.(JPG)

Respon Anda?

komentar