Gubsu Ingatkan Seluruh Bupati Serius Dukung Genjot Kunjungan Wisman

426
Pesona Indonesia
Danau Toba. Foto: Metro Siantar/dok.JPNN
Danau Toba. Foto: Metro Siantar/dok.JPNN

batampos.co.id – Plt Gubernur Sumut HT Erry Nuradi mengingatkan seluruh bupati di sekitar Danau Toba untuk serius mendukung upaya menggenjot kunjungan wisatawan.

Erry menyampaikan, sekarang ini jumlah wisatawan masuk ke Sumut baru 250 ribu per tahun. Dia yakin, setelah dibuka rute penerbangan langsung Jakarta- Silangit, kemudian ada Badan Otorita Danau Toba, dibangunnya tol Medan-Tebingtinggi serta terwujudnya tol Tebingtinggi-Parapat, jumlah wisatawan bisa mencapai 1 juta per tahun.

Dia menyebutkan, berdasarkan data Kementerian Pariwisata, setiap wisatawan akan menghabiskan Rp 13 juta setiap kali kunjungannya.  Bila ada sejuta wisatawan, maka akan ada transaksi mencapai Rp 13 triliun dalam setahun, atau mengalahkan jumlah APBD Sumut.

“Hal itu bisa diwujudkan bila kita semua mendukungnya, mulai ramah kepada wisatawan, memperbanyak kerajinan tangan kearifan lokal, jaga kebersihan lingkungan serta tambah fasilitas pariwisata di sekitar Danau Toba,” ucapnya saat menyambut penerbangan perdana Garuda dari Jakarta ke Bandara Silangit, Siborong-Borong, Taput, kemarin.

Erry menyatakan, dibukanya rute penerbangan menuju Bandara Silangit, lama tempuh menuju kawasan Danau Toba semakin pendek yakni 30 menit. Tidak seperti selama ini membutuhkan sedikitnya 4 sampai 5 jam dari Medan.

“Kita berharap, rute baru penerbangan ini mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan ke Danau Toba. Apalagi didukung sarana jalan tol nantinya,” ujarnya. (JPG)

Respon Anda?

komentar