Karimun Terima Dana Desa Rp 27,5 Miliar

805
Pesona Indonesia
ilustrasi dana desa Foto: istimewa
ilustrasi dana desa Foto: istimewa

batampos.co.id – Pemerintah pusat telah menganggarkan Dana Desa (DD) untuk Kabupaten Karimun sebesar Rp12 miliar lebih. Sedangan APBD Karimun mengalokasikan Rp14 miliar lebih untuk 42 desa se Kabupaten Karimun. Secara keseluruhan, dana desa tersebut mencapai Rp 27,5 miliar lebih.

”Untuk tahun ini dari Pemerintah Pusat cukup besar digelontorkan dana desa. Tahap awal kita lakukan sosialisasi Perbup tentang ADD dan DD untuk Camat dan 42 Desa se Kabupaten Karimun,” kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) dan Kesbang Kabupaten Karimun, Hj Herita, Selasa (22/3/2016).

Sedangkan, tahap pencairan ADD maupun DD akan dilakukan pada April 2016, melalui rekening bank masing-masing desa. Sehingga pertanggungjawaban penggunaan dana tersebut ada di pemerintahan desa. Sementara BPMPD dan Kesbang Karimun, hanya membantu dalam pembuatan proposal kegiatan di setiap desa.

”Rata-rata mencapai Rp 1 miliar satu desa. Yang terbagi untuk pembangunan fisik dan pelayanan desa, serta biaya operasional desa dan gaji perangkat desa,” tegasnya.

Dengan demikian, lanjut Herita lagi, dana desa yang cukup besar tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan amsyarakat desa. Meliputi, pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan infrastruktur, termasuk ketahanan pangan.

Selain itu, untuk meningkatkan prasaran pendidikan, sosial dan budaya di desa tersebut. Contohnya desa Kundur kecamatan Kundur Barat yang mencapai Rp1 miliar lebih, harus benar-benar di manfaatkan untuk pengembangan usaha ekonomi masyarakat selain di atas.

”Intinya, kita ingin mendorong bagaimana desa itu dapat mandiri. Tapi, ingat jangan salah menggunakan anggaran yang cukup besar,” ucapnya di sela-sela sosialisasi perbup. (tri/bp)

Respon Anda?

komentar