Kabupaten Karimun Tambah Dua Kecamatan Lagi

1504
Pesona Indonesia
Karimun
Karimun

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten Karimun, pada tahun 2016 ini akan memekarkan dua kecamatan lagi, yaitu kecamatan Sugie Besar dan Kecamatan Selat Gelam. Jadi, total keseluruhan ada 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Karimun

”Kita sudah dapat naskah kajian akademis dari dua pemekaran kecamatan tersebut tahun 2015 lalu. Dari pusat studi hukum dan masyarakat Universitas Maritim Raja Haji (UMRAH),” jelas Kabag Tata Pemerintah Pemda Karimun Dwiyandri, di sela-sela pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Karimun, kemarin (22/3).

Dari hasil kajian tersebut, Kecamatan Selat Gelam, pecahan dari Kecamatan Karimun direncanakan terdiri atas tiga desa, yaitu Desa Parit, Tulang dan Desa Selat Mendaun. Kemudian, untuk Kecamatan Sugie Besar, pemekaran dari Kecamatan Moro diwacanakan meliputi Desa Rawa Jaya, Sugie Besar, Keban, Niur Permai, Tanjung Pelanduk, Buluh Patah dan Desa Selat Mie.

”Dengan demikian, jumlah desa dan kelurahan nanti akan bertambah. Sesuai dengan pemekaran kecamatan, namun demikian untuk kecamatan Induk sudah memenuhi jumlah sebuah kecamatan. Salah satunya, pembentukan Desa Tulang Jernih, pemekaran dari Desa Tulang,” ungkapnya.

Tujuan dari pemekaran kecamatan, lanjut Dwi lagi, untuk memperpendek rentang birokrasi pelayanan publik, apalagi wilayah yang akan dimekarkan tersebut merupakan pulau-pulau yang mempengaruhi efisiensi dan efektivitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

”Nah, masalahnya pemekaran ini tergantung anggaran juga. Kalau tahun ini tidak yakinlah, karena kita masih dalam defisit anggaran,” ucapnya.

Kabupaten Karimun yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia, saat ini memiliki 12 kecamatan . Tiga kecamatan diantaranya baru dibentuk pada 2009, yaitu Kecamatan Meral Barat, pecahan dari Meral, Kecamatan Belat pemekaran dari Kundur Utara dan Kecamatan Ungar pemekaran dari Kecamatan Kundur.

”Untuk kecamatan yang telah dimekarkan, saat ini sudah tahap pembangunan kantor camat,” kata Dwiyandri lagi.

Sementara Camat Meral Barat, Irwan Dinovri, mengatakan Kecamatan Meral Barat saat ini masih menyewa rumah warga sebagai kantor untuk aktivitas pemerintahan.

”Alhamdulillah, tahun ini kantor Meral Barat akan dibangun oleh Pemda Karimun. Sehingga, dapat memaksimalkan pelayanan publik. Maklum saja daerah industri di sini,” katanya.(tri/bpos)

Respon Anda?

komentar