Lingga Bakal Jadi Penghasil Padi

1310
Pesona Indonesia
Bupati Lingga Alias Wello (baju hijau) bersama anggota Satpol PP memberseihkan lahan sawah yang bakal ditanami padi. foto:hasbi/bpos
Bupati Lingga Alias Wello (baju hijau) bersama anggota Satpol PP memberseihkan lahan sawah yang bakal ditanami padi. foto:hasbi/bpos

batampos.co.id – Bupati Lingga Alias Wello mengatakan, rencana menanami 7 hektar sawah di Sungai Besar, Kecamatan Lingga Utara, lebih cepat target. Semula dijadwalkan tebar bibit pada pada 1 April mendatang, namun lebih cepat 6 hari karena pekerjaan yang serius dan terus digesa.

Bersama Distanhut Lingga, penyuluh pertanian, anggota DPRD Lingga, dan pimpro proyek persawahan, Ady Indra Pawennari, Awe turun langsung ke sawah menebar ribuan bibit padi. Lahan yang ditargetkan seluas 723 hektar di Sungai Besar akan terus dibuka. Sementara lahan siap tanam, mulai ditanami untuk mengejar target bisa panen pada hari ke-5 Idul Fitri.

Adi Pawennari, Pimpinan Proyek Persawahan Desa Sungai Besar mengatakan, dalam masa 110 hari kedepan, padi di Desa Sungai Besar sudah mulai panen perdana. Dalam 1 Hektar, akan menghasilkan 3 ton beras. Jadi jika 7 hektare sawah yang ditanam, sedikitnya akan menghasilkan 21 ton beras.

“(Dalam) 110 hari kedepan kita sudah mulai panen. Prediksi terkecil kita, bisa 3 ton dari 1 hektarnya. Sistem tanam yang kita gunakan adalah sistem modern dengan blower. Ini pertama kalinya diterapkan di Kepri,” papar Ady, Kamis (24/3) pagi.

Bibit padi unggul menjadi pilihan yang digunakan untuk sawah Sungai Besar. Disampaikan Ady lagi, ada 10 varian bibit. Sementara, pada penanaman perdana di 7 hektar lahan sawah kali ini, baru menggunakan 5 varietas.

“Sementara kita tanam 5 varietas dulu, termasuk bibit padi ITB3S yang diresmikan pak Jokowi baru-baru ini. Nanti kedepannya juga akan kita tanami dengan bibit beras pulut putih,” timpal Ady. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar