Masalah Kios Liar di Batam Harus Ditangani Secara Serius

888
Pesona Indonesia
Deretan kios liar yang berada di Simpang Kara, Batam Kota. Foto: Rezza Herdiyanto/ Untuk Bataaam Pos
Deretan kios liar yang berada di Simpang Kara, Batam Kota. Foto: Rezza Herdiyanto/ Untuk Bataaam Pos

batampos.co.id – Keberadaan kios liar benar-benar mengancam pembangunan ekonomi di Batam. Selain memperburuk tata kota, juga mencitrakan sisi ketidakpastian hukum yang sangat kental di kota industri ini.

“Kalau saya lihat ada dua aspek menyangkut kios liar, yakni aspek hukum dan aspek sosial,” kata pengamat kebijakan pemerintah dari Politeknik Batam, Muhammad Zainuddin, kemarin (23/3).

Jika dilihat dari aspek hukum, maka keberadaan kios liar di bufferzone semakin memperkeruh ketidakpastian hukum di Batam.

Menurut Zainuddin, karena hal ini, batas kepemilikan tanah menjadi tidak jelas. Kawasan yang seharusnya tidak boleh dibangun menjadi apapun malah menjadi pusat bangunan ilegal.

Sedangkan dari dampak sosial, keberadaan kios liar bisa menimbulkan kerawanan sosial dan memungkinkan kriminalitas semakin meningkat.”Karena tidak ada mekanisme resmi yang mengontrolnya,” ujarnya.

Zainuddin menyarankan persoalan kios liar harus ditangani secara serius.”Persoalan ini harus ditangani sebagai skala prioritas, karena menyangkut pembangunan jangka panjang di Batam,” tegasnya.

Namun, pemerintah juga harus bisa bekerjasama dengan stakeholder lain, karena tidak mungkin membebankan semuanya pada dana APBD. Swasta juga bisa diminta bekerjasama menyiapkan tempat alternatif jika kios-kios liar itu digusur.”Ini masalah yang tidak gampang, tapi jika pemerintah berkomitmen, maka semua bisa diatasi,” ujarnya.

Pengusaha juga memiliki pandangan serupa. Ketua Kamar Dagang Industri (KADIN) Batam, Jadi Rajagukguk mengatakan jika pemerintah benar-benar ingin menyelesaikan permasalahan kios liar, maka harus punya komitmen yang tegas.

“Tapi sebelum itu, pemerintah harus mempersiapkan tempat alternatif untuk bisa menampung para pemilik kios liar itu,” jelasnya. (leo)

Baca juga:

Maret Peringatan Terakhir Pemilik Kios Liar di Batam

Sudah Diberi SP3, Pembangunan Kios Liar di Pasir Putih Tetap Berlangsung

Respon Anda?

komentar