Simpan Sabu di Celana Dalam, Pria Ini Mengamuk Saat Diperiksa Bea Cukai

1044
Pesona Indonesia
Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean B Tanjungbalai Karimun, Abien memberikan penjelasan tentang penangkapan M Khairul yang menyembunyikan sabu di celana dalam, Rabu (23/4/2016). Foto: sandi/batampos.co.id
Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean B Tanjungbalai Karimun, Abien memberikan penjelasan tentang penangkapan M Khairul yang menyembunyikan sabu di celana dalam, Rabu (23/4/2016). Foto: sandi/batampos.co.id

batampos.co.id – Petugas BC dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan BC (KPPBC) Tipe Madya Pabean B yang sedang menjalankan tugas di Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun, Rabu (23/3) pukul 10.00 WIB kembali melakukan penangkapan terhadap seorang penumpang yang baru tiba dari Kukup, Johor Bahru, Malaysia mengunkan feri MV Tuah karena membawa narkotika jenis SS.

Pria yang ditangkap tersebut M Khairul, 24 dengan nomor paspor A84889915 yang dikeluarkan oleh Kantor Imigrasi Kabupaten Siak. Penangkapan dilakukan pada saat tersangka selesai memasukkan barang bawaan ke mesin pemindai atau X-ray. Kemudian, petugas BC yang curiga dengan geriak geriknya meminta tersangka masuk ke dalam ruang pemeriksaan yang ada di dalam Pelabuhan Internasional.

”Pada saat akan diperiksa badan oleh petugas BC, MK ( Khairul, red) memberikan perlawanan dan berusaha melarikan diri. Bahkan, kaca di dalam ruang pemeriksaan pecah akibat dipukul oleh tersangka. Beberapa orang petugas BC yang ada di luar dan sedang melakukan pemeriksaan barang penumpang lainnjhya masuk ke dalam ruang pemeriksaan untuk mengamankan tersangka,” ujar Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean B Tanjungbalai Karimun, Abien kepada Batam Pos.

Dikatakannya, beberapa orang petugas yang telah berhasil memegang tersangka Khairul dan menangakan akhirnya mulai melakukan pemeriksaan. Di dalam saku celana panjang yang dipakai tersangka tidak ditemukan adanya barang bukti. Tapi, setelah celana dalamnya dibuka baru ditemukan beberapa paket SS siap edar dengan berat sekitar 138,4 gram. Tersangka akhirnya dibawa ke KPPBC Tipe Madya Pabean B untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

”Hasil dari pemeriksaan yang kita lakukan diketahui bahwa MK menerima titipan SS ini dari seseorang rekannya warga Tionghoa. Dan, sesampainya di Tanjungbalai Karimun dengan aman akan meneruskan perjalanan lagi ke Riau. Karena, sesuai arahan dari orang Malaysia yang menitipkan kepada tersangka memang ditujukan ke salah satu daerah di Riau. Saat ini tersangka bersama barang bukti sudah kita serahkan ke Polres Karimun untuk proses hukum lebih lanjut,” paparnya.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tanjungbalai Karimun, AKP Krisna Ramdhani secara terpisah membenarkan telah terjadi penangkapan terhadap seorang pria yang baru tiba dari Kukup, Johor Bahru, Malaysia oleh petugas BC di Pelabuhan Internasional.

”Memang, tadi kita lihat langsung kondisi ruang pemeriksaan BC memang sebagian kaca di salah satu sudut pecah akibat dipukul oleh pelaku. Pelaku sudah dibawa ke kantor BC,” ungkapnya. (san/bp)

Respon Anda?

komentar